Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Strategi Mengelola Hubungan Baik dengan Konsumen

Ada berbagai strategi dalam mengelola hubungan baik dengan pelanggan.

  1. Miliki Data Pelanggan

Cara termudah untuk dapat terus terhubung dengan pelanggan adalah dengan memiliki data kontak mereka. Dalam hal ini, kamu dapat menyimpan nomor telepon, akun sosial media, hingga email pelanggan. Dengan data yang lengkap dan detail, tentu kita dapat memberikan respons dan layanan yang lebih baik.

  1. Lakukan Survey

Ajaklah para pelanggan untuk mengisi jajak pendapat ataupun kuesioner. Dengan ini, informasi-informasi yang didapatkan akan sangat bermanfaat sebagai umpan balik tentang performa organisasi bisnis yang dimiliki. Kita akan memahami apa yang pelanggan suka dan tidak suka dari produk dan layanan kita, bagaimana perasaan mereka, serta kritik dan masukan membangun untuk usaha kita.

  1. Atasi Keluhan dan Umpan Balik Negatif

Setelah kita melakukan survey dan mendapatkan umpan balik dari konsumen, yang terpenting adalah apa yang akan kita lakukan untuk mengatasi keluhan dan masukan tersebut? Jangan sampai tidak ada aksi apapun dari kita. Hal ini justru akan semakin memperburuk citra merk kita di hadapan pelanggan, karena dianggap acuh dan tidak mendengarkan masukan pelanggan. Namun sebaliknya, jika kita secara responsif melakukan perbaikan berdasarkan masukan pelanggan, hal ini dapat mengubah pengalaman di benak konsumen, yang semula negatif menjadi pengalaman yang positif.

  1. Tepati Janji kepada Pelanggan
Baca Juga  Pengertian Iklan dan Media Iklan

Ketika melakukan upaya marketing atau promosi, tidak jarang kita memberikan janji kepada pelanggan, misal kecepatan pengiriman, kualitas produk terbaik, dan janji lainnya. Buktikan dan penuhi janji tersebut agar muncul kepercayaan pelanggan kepada bisnis kita.

  1. Kenali Pelanggan secara Personal

Pelanggan juga akan merasa lebih nyaman jika berbisnis dengan orang yang sudah dikenal sebelumnya. Untuk itu, kenalilah pelanggan secara personal, agar iklim yang muncul tidak terlalu formal dan menjadi cair. Untuk dapat mengenal pelanggan secara personal, kamu harus menyempatkan waktu untuk mengobrol dan menanyakan beberapa hal tentang organisasi bisnis, seperti produk atau layanan apa saja yang dibutuhkan, apakah ada masukan yang ingin disampaikan, apa kelebihan dan kekurangan dari bisnis yang kita kelola.

WhatsApp chat