Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

STOP! Ini Bahaya Memotong Kuku Terlalu Pendek

Menjaga kebersihan kuku memang suatu kewajiban, baik kebersihan kuku tangan maupun kaki. Tidak melulu harus melakukan treatment menicure dan pedicure di salon, merawat kuku pun bisa dilakukan dengan cara yang mudah di rumah.

Merawat dan menjaga kuku agar tetap bersih bisa dimulai dengan memperhatikan benda atau hal apapun yang kita pegang dipastikan steril dan yang paling mudah dilakukan yaitu menggunting kuku.

Menggunting kuku memang menjadi kewajiban, namun jangan sampai memotongnya terlalu pendek, kuku yang dipotong terlalu pendek bisa menimbulkan infeksi dan beberapa akibat penyakit, salah satunya yaitu:

==> Nyeri

Memotong kuku terlalu pendek bisa memicu munculnya peradangan di area antara batas kuku yang menempel pada kulit. Akibatnya, muncul rasa sakit atau nyeri di sekitar area tersebut.

==> Infeksi hingga cantengan

Setelah dipotong, lambat laun kuku akan tumbuh kembali. Bila dipotong terlalu pendek, pertumbuhan kuku selanjutnya dikhawatirkan malah akan tumbuh ke dalam dan menusuk area kulit sehingga membuat kulit di sekitar kuku menjadi terluka. Karena mudah menyimpan kotoran, ditakutkan akan terjadi infeksi pada luka tersebut. Kasus yang biasa terjadi, luka tersebut akan disertai dengan nanah. Luka seperti ini biasa disebut cantengan.

Baca Juga  Jangan Sampai Salah, Ikuti Cara Ini Jika Memilih Makanan Basah Untuk Kucing

==> Bau busuk

Selain sakit, cantengan juga menebarkan bau busuk. Itu merupakan salah satu pertanda bahwa tingkat infeksi yang terjadi sudah semakin serius.

Itulah bahaya yang kemungkinan akan Anda alami bila memotong kuku terlalu pendek. Sisakan sedikit kuku melewati batas kulit yang menempel dengan kuku Anda.

Kalau sudah terlanjur merasakan sakit akibat memotong kuku terlalu pendek, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Sementara, untuk meredam rasa sakit dan supaya tidak menjadi semakin parah. Anda bisa merendam kuku pada jari tangan atau kaki yang terasa sakit di dalam air hangat. Lalu, bersihkan minimal 3 kali sehari dengan menggunakan cairan antiseptik.

WhatsApp chat