Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Soft Skill Dunia Advertising

Advertising Pekanbaru Swastika

Apa saja soft skill penting di bidang advertising? Mungkin ini adalah salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang ada di kepala Anda selama ini. Sebagian orang menganggap soft skill ini tidak terlalu dominan dalam karir seseorang, namun faktanya sebagai seorang yang bekerja di dunia periklanan, soft skill ini wajib dimiliki.

Memang tidak semua orang cocok bekerja di bidang periklanan, hanya tipe orang tertentu saja. Bila Anda suka dengan ritme kerja yang cepat, suka tantangan, dan suka berada di lingkungan yang kreatif, maka Anda cocok untuk bekerja di dunia periklanan.

Soft skill dibutuhkan semua orang yang bekerja di semua bidang industri, terutama industri periklanan. Bahkan soft skill tersebut seringkali membantu peningkatan karir seseorang menjadi lebih baik dalam waktu yang cepat.

Lalu apa saja soft skill penting di bidang advertising? Berikut ulasannya.

1. Kemampuan Berkomunikasi

Daftar Isi

Kemampuan berkomunikasi tidak sekedar merangkai tagline unik dan persuasif saat mengajak klien untuk bekerjasama. Namun, di dalam komunikasi tersebut harus ada empati dan pemahaman terhadap kebutuhan klien dalam membuat campaign.

Baca Juga  Curiga Suami Selingkuh? Coba Tanyakan 4 Hal Ini Dulu Ya Moms!

Dibutuhkan pemahaman yang kuat mengenai target konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan sebuah kampanye iklan yang sangat efektif. Hal ini bisa dicapai dengan memaksimalkan kemampuan Anda dalam mendengarkan dan kepekaan terhadap orang lain di luar lingkup sosial Anda.

2. Memiliki Kreativitas

Di Industri periklanan, ada banyak sekali bagian-bagian dengan tugas masing-masing. Dan apapun peran seseorang di dunia advertising, baik itu sebagai manajer atau desainer, orang tersebut harus memiliki kreativitas dalam mengerjakan apapun.

Semua kegiatan advertising pada dasarnya menyajikan sebuah konsep dengan cara yang unik dan baru. Terkadang sebuah konsep yang diusung terinspirasi dari hal lain, namun mereka yang bergerak di dunia advertising dituntut untuk selalu berpikir out of the box karena sesuatu yang biasa-biasa saja tidak begitu menarik.

3. Manajemen Waktu yang Baik

Para pekerja di bidang advertising pasti sering dikejar oleh tenggat waktu, itu sudah menjadi hal yang lumrah. Tidak jarang sebuah campaign dibuat untuk momen tertentu, sehingga persiapan untuk campaign tersebut harus sempurna sewaktu diluncurkan. Selain itu Anda juga pasti harus mempersiapkan presentasi, membuat laporan, dan preview hasil akhir yang diinginkan.

Baca Juga  Boruto Episode 179 Bahasa Indonesia Rilis

Tentu saja kemampuan manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan untuk bisa mengerjakan semua tugas dengan baik dan Anda harus bisa menentukan skala prioritas dari masing-masing tugas. Kemampuan manajemen waktu ini adalah soft skill yang akan membantu seseorang dalam mengatur semua proyek yang sedang ditangani.

4. Bisa Mengambil Keputusan dengan Cepat

Ketika mendapatkan sebuah proyek, tidak jarang kita akan berhadapan dengan banyak pilihan metode terbaik untuk mencapai target iklan. Pemilihan kata dalam tagline iklan, penggunaan warna, dan lain sebagainya. Di sinilah dibutuhkan kemampuan seseorang dalam menimbang dan memutuskan sesuatu dengan cepat.

Selain harus cepat memutuskan sesuatu, proses mengambil keputusan itu juga tidak sembarangan karena menggabungkan sisi logis dan kreativitas seseorang. Tidak cukup hanya punya ide baru dan menarik, Anda juga harus memilih ide terbaik yang bisa memberikan dampak positif kepada klien dan target audiens.

Mereka yang bekerja di dunia periklanan pasti akan terlatih dalam mengambil keputusan cepat karena mereka sering berhadapan dengan situasi seperti ini.

Baca Juga  Infeksi Menular Seksual di Kalangan Remaja Meningkat, Ini Program Untuk Membantu Mengatasi Mitos HIV

5. Berkolaborasi dengan Orang Lain

Di industri periklanan tidak ada yang namanyan one-man show karena sehebat dan sekreatif apapun seseorang pasti tidak akan bisa mengerjakan sebuah proyek sendirian. Mungkin ada satu-dua proyek individual yang bisa dikerjakan sendirian, tapi bila bicara tentang proyek dengan tenggat waktu, pasti Anda harus berkolaborasi dengan orang lain.

Itulah sebabnya mengapa seseorang yang bekerja di bidang periklanan harus memiliki soft skill yang satu ini, kemampuan untuk berkolaborasi dengan pihak lain. Tidak jarang sebuah proyek dapat dikerjakan dengan baik bila bekerjasama dengan rekan lain yang ada di industri yang berbeda.

WhatsApp chat