Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Sering Cuci Tangan, Inilah 5 Bahan Alami yang Digunakan Untuk Melembutkan Tangan Kering

Tangan kering bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Di masa pandemi virus corona seperti sekarang ini, mencuci tangan menjadi hal yang sering dilakukan.

Sehingga, saat terlalu sering mencuci tangan, tanganmu bisa menjadi kering. Walaupun begitu, ada berbagai faktor lainnya yang memengaruhi mengapa tangan seseorang menjadi kering.

Mulai dari lingkungan, cuaca, kondisi kesehatan, dan iritiasi menjadi beberapa faktor tersebut. Untuk mengatasi tangan kering, kamu bisa mencoba beberapa bahan alami yang biasa ada di rumah.

Berikut ini merupakan 5 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk melembutkan tangan kering. Bahan alami ini pastinya cocok dengan keadaan sekarang ini yang tidak diperbolehkan berada di luar rumah terlalu lama.

Lidah Buaya
Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk melembutkan tangan kering adalah lidah buaya. Lidah buaya sendiri sudah dikenal sebagai bahan yang bermanfaat untuk kecantikan.

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya seperti vitamin C, vitamin E, dan polisakarida yang berperan penting dalam melembabkan, memperlembut, hingga meremajakan kulitmu.

Baca Juga  'Kiamat' PNS Semakin Dekat, Negara Bisa Hemat Anggaran

Cara penggunaan bahan alami ini adalah memisahkan daging dari kulitnya kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, blender hingga halus. Oleskan pada telapak tanggan hingga merata dan tunggu hingga 10 menit. Bilas menggunakan air hangat setelahnya.

Madu
Sama seperti halnya lidah budaya, madu terkenal akan manfaatnya yang baik untuk tubuh dan kulit. Tidak hanya baik untuk dikonsumsi secara langsung, madu pun bisa digunakan sebagai bahan alami pelembut tangan kering.

Sifat emolien yang dimiliki madu dapat menghaluskan tangamu. Tidak ketinggalan kandungan lainnya seperti vitamin, antioksidan, dan potasium untuk menjaga kelembaban kulit.

Cara penggunaan bahan alami ini adalah dengan mengaplikasikan madu ke telapak tanganmu. Kemudian, pijat secara perlahan telapak tanganmu tersebut kurang lebih selama lima menit. Lakukan secara berkala.

Minyak Kelapa
Bahan alami berikutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa sangat baik digunakan untuk merawat kulit. Sifat emolien pada minyak kelapa membantu dalam menghidrasi kulit dan meningkatkan kadar lipid pada permukaan kulit.

Selain sifat emoliennya, sifat antibakteri dan antijamur yang terkandung pada minyak kelapa membuat minyak kelapa menjadi bahan alami yang pas untuk digunakan dalam merawat kulit.

Baca Juga  Kamu Harus Waspada dengan 5 Penyalahgunaan Media Sosial Ini

Cara melembutkan tangan kering dengan minyak kelapa adalah dengan memijat secara halus pada telapak tangan yang kering tersebut. Durasi yang dianjurkan untuk pijatan telapak tangannya adalah lima menit saja.

Minyak Zaitun
Jika kamu mencari alternatif selain lidah buaya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk melembutkan tangan kering. Pasalnya, kandungan keduanya pun hampir mirip.

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya seperti vitamin C dan vitamin D, ada pada minyak zaitun. Bahkan, minyak zaitun pun mengandung vitamin E dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Cara penggunaan minyak zaitun untuk menghaluskan tangan adalah dengan menghangatkan terlebih dahulu minyak zaitunnya. Kemudian, barulah dioleskan pada bagian tangan yang kering. Lakukan hal ini tiga kali seminggu.

Ampas Kopi
Selain dikenal untuk menjadi penahan kantuk, ampas kopi pun memiliki manfaat lain bagi tubuh khususnya kesehatan kulit. Manfaat dari bahan alami ini adalah dapat melembutkan tangan yang kering.

Kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Tingginya anti oksidan ini mampu mencegah bakteri dan kuman yang akan masuk ke kulit. Kopi pun mengandung zat yang dapat mengangkat sel kulit mati.

Baca Juga  Minim Budget? Simak 4 Strategi Promosi yang Tepat Saat Budget Terbatas

Cara melembutkan tangan dengan ampas kopi adalah dengan ambil ampas kopi dari sisa kopi. Kemudian, ratakan ampas kopi tersebut pada telapak tangan selama 15 menit. Terakhir, bilaslah menggunakan air dingin.

WhatsApp chat