Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Sejarah Permainan Multiplayer Pertama di Dunia “Tennis for Two”

Tennis for Two adalah salah satu game pertama yang dikembangkan dalam sejarah awal video game. Ini adalah gim video olahraga yang mensimulasikan permainan tenis. Dirancang oleh fisikawan Amerika William Higinbotham pada tahun 1958. Permainan ini dipamerkan di pameran publik tahunan Brookhaven National Laboratory.

Permainan ini terinspirasi oleh komputer analog Donner Model 30 milik lembaga penelitian pemerintah yang dapat mensimulasikan lintasan dengan hambatan angin. Tennis for Two ditampilkan pada sebuah osiloskop dan dimainkan dengan dua pengendali aluminium. Higinbotham dan teknisi Robert V. Dvorak membutuhkan waktu 3 minggu untuk membuatnya. Visualnya menunjukkan tampilan samping lapangan tenis. Pemain dapat mengatur sudut pukulan mereka dengan pengontrol dan mencoba memukul bola melewati net dengan menekan sebuah tombol. Orang-orang mengantre untuk bermain Tennis for Two selama pameran tiga hari di Brookhaven National Laboratory.

Tahun berikutnya Higinbotham memperbarui Tennis for Two – dia menunjukkannya lagi dengan layar osiloskop yang lebih besar dan desain yang lebih rumit. Para pemain sekarang dapat mensimulasikan tingkat gravitasi yang berbeda. Tennis for Two dibongkar dan dilupakan hingga akhir tahun 1970-an. Pada tahun 1970-an, Higinbotham bersaksi di pengadilan tentang permainan ini selama tuntutan hukum antara Magnavox dan Ralph H Baer atas paten video game. Sejak gugatan tersebut, Tennis for Two dirayakan sebagai salah satu video game paling awal.

Baca Juga  Lia ITZY Akan Absen Dari Tur Dunia Demi Fokus Jaga Kesehatan

Tennis for Two ditayangkan pada tanggal 18 Oktober 1958. Permainan ini menampilkan garis horizontal yang mewakili lapangan tenis dan garis vertikal pendek di tengah yang mewakili net tenis. Pemain 1 akan menekan tombol pada pengontrol mereka untuk mengirim bola melewati net. Bola akan membentur net, terbang keluar batas, atau mencapai sisi lain lapangan. Pemain 2 kemudian dapat memukul bola kembali dengan pengontrol mereka saat bola berada di sisi mereka. Hal ini bisa terjadi sebelum atau sesudah bola memantul di tanah.

Saat permainan ini disajikan, ratusan pengunjung mengantre untuk bermain. Karena popularitas permainan ini, Higinbotham menciptakan versi upgrade yang ditampilkan pada tahun berikutnya. Versi baru ini memiliki peningkatan seperti layar yang lebih besar dan tingkat gravitasi simulasi yang berbeda – konsep permainannya sama. Permainan ini disebut sebagai Tennis for Two; namun, kartu tempat yang dilampirkan pada versi yang ditingkatkan berjudul “Tenis Komputer” Setelah pameran, permainan ini dibongkar dan bagian-bagiannya digunakan untuk keperluan lain.

Baca Juga  V BTS Pecahkan Rekor dengan 2,1 Juta Penjualan Album di Minggu Pertama
WhatsApp chat