Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Sebelum Mulai Berinvestasi, perhatikan 3 hal ini

Sebelum Mulai Berinvestasi, perhatikan 3 hal ini
Advertising Pekanbaru

Setiap orang pasti memiliki banyak tanggungan, alias tanggung jawab yang sifatnya lebih ke arah finansial. Dari mulai yang paling rendah, seperti belanja bulanan, hingga laporan atau membayar pajak dan tanggungan lainnya.
Banyak orang-orag yang menganggap investasi itu seperti naik haji. Wajib bagi yang mampu. Kalau belum bisa, ya paling tidak kamu menabung secara rutin, meski kadang sering dipinjam untuk membeli barang yang sangat kamu inginkan, jalan-jalan, atau juga keperluan mendesak.
Tapi coba dibayangkan, kalau kita hanya memiliki tabungan saja, keuanganmu 5-10 tahun yang akan datang seakan berkurang. Padahal, gaji tetap naik walaupun tidak banyak. Nah, itulah yang dinamanya inflasi, akan selalu ada pengeluaran tambahan ketika income juga bertambah. Untuk menjaga agar kekayaan yang kamu miliki sekarang tidak tergerus ganasnya inflasi, maka kamu harus pintar mencari jalan keluarnya, salah satu dengan cara berinvestasi.
Ada begitu banyak produk investasi yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan dan tujuan jangka pendek atau panjang. Tetapi yang lebih penting, perhatikan 3 hal di bawah ini sebelum memulai investasi.

  1. Harus Ada Emergency Fund
    Menurut Kapusta, tulis Hello Giggles, untuk memulai berinvestasi, kamu harus memenuhi dasar dari keuangan yang sehat. Selain memiliki tambungan, kamu juga harus memiliki uang jaga-jaga atau emergency fund. Pernahkah tabunganmu habis karena memperbaiki kendaraan yang rusak, atau membayar tagihan rumah sakit, atau ketika dompet hilang saat traveling?
    Ini disebabkan karena tidak adanya uang jaga-jaga. Lantas seberapa besar uang jaga-jaga ini harus kamu simpan? Menurut Kapusta, selama kamu memiliki uang jaga-jaga sebesar 3-6 bulan pengeluaran, kamu aman.
  2. Utang
    Soal utang, di dunia yang serba digital sekarang ini, mungkin agak sulit kalau tidak menggunakan fasilitas kartu kredit atau kartu kredit online. Utang boleh, selama kamu membayar full setiap tagihan datang. Pastikan, pembayaran utang tidak menggunakan dana tabungan dan jaga-jaga.
  3. Start early
    Terakhir, jangan tunggu besok, atau 5 tahun lagi untuk berinvestasi. Kalau keuanganmu belum sehat saat ini, pastikan kamu membenahinya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kemudian, mulailah berinvestasi sesegera mungkin. Pasalnya, uang yang kamu ‘tanam’ akan bertambah. Semakin lama kamu berinvestasi, bisa jadi uangnya semakin banyak (meski kamu harus belajar lagi soal investasi, terutama dalam investasi saham).
Baca Juga  5 Tips Fashion Simple Agar Kamu Jago Mixing Warna

(ans)

WhatsApp chat