Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Penyebab Lain Leher Hitam, Bukan Hanya Karena Tumpukan Daki

Area leher yang hitamkerap dikaitkan dengan daki yang menumpuk karena kita jarang mandi atau tidak menggosok tubuh area tersebut. Padahal, leher hitam bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk gejala penyakit serius seperti Diabetes Melitus.

Pakar dermatologi India, Dr Jaishree Sharad menjelaskan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab leher hitam termasuk apa yang sebaiknya kita lakukan untuk mengatasinya.

Genetik

Kulit gelap disekitar leher bisa disebabkan oleh kelainan yang disebut Acanthosis Nigricans. Kondisi ini ditandai dengan hiperpigmentasi kulit yang gelap dan seperti beludru karena diwariskan oleh orangtua kepada anak.

Acanthosis Nigricans juga merupakan bagian dari sindrom genetik sehingga sulit dielakkan.

Resistensi Insulin

Leher hitam adalah tanda terlalu banyak kadar insulin dalam darah kita. Resistensi insulin terjadi saat sel tubuh tidak bisa mengoptimalkan gula darah dengan baik dan bisa terjadi bertahun-tahun tanpa disadari.

Polycystic ovary syndrome (PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi dimana ovarium menghasilkan jumlah androgen, hormon seks pria, yang tidak normal pada tubuh wanita. Wanita penderita PCOS cenderung memiliki kadar hormon insulin yang lebih tinggi dalam darah mereka.

Baca Juga  Bolehkah Makan Mie Instan Saat Sahur?

Terkadang hal ini lalu menyebabkan bercak-bercak kulir yang menghitam di bagian belakang leher, di bawah lengan, dan di area selangkangan.

Diabetes

Bercak gelap pada kulit di belakang leher sering kali merupakan tanda pradiabetes. Pastikan untuk mendapatkan penanganan dari dokter sebelum terlambat.

Alergi parfum atau pewarna rambut

Jika leher hitam terjadi secara mendadak, mungkin saja ada produk parfum atau pewarna rambut yang tidak cocok dengan kulit kita. Untuk alasan ini, pengujian sangat dianjurkan sebelum diaplikasikan untuk mencegah alergi.

WhatsApp chat