Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Penyebab Bercak Putih Pada Kulit

Bercak putih pada kulit dapat terjadi karena berbagai alasan. Mulai dari paparan sinar matahari hingga infeksi jamur.

Biasanya memang tidak perlu dikhawatirkan, namun kita tetap perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bercak putih agar kita dapat menentukan apa yang menyebabkan perubahan warna kulit.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita mungkin mengalami bercak putih pada kulit.

Sunspot. Tak hanya gambaran bintik-bintik gelap atau tanda seperti bintik-bintik, sunspot juga dapat muncul sebagai bintik-bintik putih atau lebih terang pada kulit. Secara medis dikenal sebagai hipomelanosis guttate idiopatik, bintik putih yang tidak berbahaya ini terjadi ketika terjadi penurunan melanin. Kondisi ini terjadi karena sel pigmen yang memberikan warna pada kulit, mata, dan rambut – pada kulit.

Panu. Panu terjadi ketika ada pertumbuhan berlebih dari ragi yang terjadi secara alami pada kulit. Infeksi jamur pada kulit ini berubah menjadi ruam yang pada akhirnya dapat terlihat seperti bercak putih atau bercak terang. Bercak putih yang dapat muncul pada panu sering ditemukan di punggung, lengan atas, dada, leher, dan ketiak.

Pityriasis Alba. Kondisi kulit yang menyebabkan bercak-bercak kecil dan bulat pada kulit yang kehilangan warnanya. Kondisi ini mungkin terasa seperti ruam dan gatal bagi sebagian orang. Bercak putih ini biasanya muncul di wajah, lengan, dan tubuh bagian atas.

Vitiligo. Vitiligo adalah kondisi autoimun yang menyebabkan bercak-bercak pada kulit kehilangan warna, sehingga menimbulkan bercak putih. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel-sel pigmentasi dalam tubuh. Bercak dan bercak vitiligo biasanya dimulai pada wajah, lengan, tangan, dan kaki. Dari sana, bercak dapat tumbuh atau berkembang di tempat lain di tubuh kita. Pada awalnya, bercak-bercak tersebut mungkin berwarna merah muda. Kulit yang terkena akan memutih setelah vitiligo tidak lagi aktif.

Baca Juga  Cara Melamar Pasangan yang Romantis nan Tak Terlupakan, Pasti Diterima
WhatsApp chat