Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Pengertian Insecure, Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Dikutip dari web Universitas Tarumanegara Fakultas Psikologi, menurut Abraham Maslow, insecure adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa tidak aman, menganggap dunia sebagai sebuah hutan yang mengancam dan kebanyakan manusia berbahaya dan egois. Biasanya, orang yang mengalami insecure merasa ditolak, cemas dan tingkat kepercayaan dirinya kurang. Mereka merasa bahwa dirinya berbeda dengan orang lain, membandingkan antara dirinya dengan orang lain.

Lalu, sebenarnya apa penyebab dari insecure ini?

  1. Kecemasan Sosial
    Rasa cemas dapat timbul karena takut di evaluasi oleh orang lain, yang pada akhirnya membuat ia merasa kurang nyaman. Hal ini disebabkan karna tingkat kepercayaan diri yang rendah. Kita sebagai manusia pasti perlu di evaluasi, perlu di kritik oleh orang lain, karena pada dasarnya kita tidak sempurna. Jangan jadikan evaluasi tersebut menjadi sesuatu yang membuat kita down, jadikan evaluasi tersebut sebagai sebuah motivasi untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya dan jangan pernah takut untuk di nilai atau di evaluasi oleh orang lain terus berfokus pada apa yang bisa kita lakukan agar menjadi manusia yang lebih baik lagi.
  2. Segala sesuatu yang harus “perfect”
    Siapa nih teman-teman readers yang merasa harus “perfect” dalam segala hal? Baik itu dari penampilan fisik, kecerdasan, kemampuan dan lain sebagainya. Hal ini tentunya dapat menyebabkan diri kita merasa insecure, karna ketidakmampuan kita untuk bisa “perfect” tersebut. Penyebab dari keperfectionisme ini adalah setiap orang yang mempunyai standar tinggi dalam suatu hal. Namun, perlu disadari hidup kita tidak bisa selalu menjadi seperti apa yang kita inginkan, banyak hal yang diluar kendali kita. Jika kita terus menyalahkan diri sendiri, kecewa dengan diri sendiri, merasa berbeda dengan orang lain, maka kita akan terus merendahkan diri dan lupa terhadap kelebihan apa yang kita punya.
  3. Kegagalan
    Selain keperfectionisme, kegagalan juga cenderung membuat kita sebagai manusia merasa insecure, merasa bahwa ia tidak pantas, padahal kegagalan itu merupakan sesuatu yang wajar dialami setiap orang, karna kegagalan juga merupakan sebuah proses. Kegagalan bukan akhir dalam segalanya, bila gagal maka kita bisa mencobanya kembali. Terdapat pepatah yang mengatakan bahwa “Orang sukses merupakan orang yang gagal berkali-kali namun terus mencoba dan tidak menyerah”.
Baca Juga  Cara Menghemat Pemakaian Listrik

Jadi, jangan insecure dan merasa rendah diri karna sebuah kegagalan ya, kita bangkit kembali, kita coba kembali untuk melakukan hal tersebut.

Kemudian, bagaimana cara mengatasi Insecure tersebut?

  1. Hilangkan prinsip “perfectionis” dalam diri sendiri
  2. Jangan bandingkan hidupmu dengan hidup orang lain
  3. Bersyukur atas segala hal yang sudah dicapai
  4. Jangan dengarkan omongan orang lain yang membuat kita down
  5. Berkumpul dengan orang-orang terdekat yang menyayangi kita
  6. Lakukan detoks media sosial dengan cara mematikan handphone sejenak
  7. Fokus dan asah kelebihan yang kita punya
WhatsApp chat