Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Penanganan yang Tepat Saat Anak Kejang

Kejang adalah kondisi yang membutuhkan penanganan yang tepat. Jangan keburu panik, lakukan pertolongan pertama ini untuk menyelamatkan nyawa korban.

  1. Posisikan Korban Miring: Hal ini membantu mencegah tersedak dan memungkinkan cairan keluar dari mulut dengan lancar. Jika tidak memiringkan tubuh korban dan muntah terjadi, air muntahan dapat masuk ke saluran napas, menyebabkan aspirasi dan risiko tersedak. Risiko tersedak saat kejang sangat berbahaya
  1. Sangga Kepala dengan Bantal atau Cushion: Tujuannya adalah untuk menjaga kepala dan leher dalam posisi stabil dan mengurangi risiko cedera.
  2. Jangan Masukkan Apapun ke dalam Mulut: Penting untuk diingat bahwa tidak perlu memasukkan benda apa pun ke dalam mulut korban yang sedang mengalami kejang. Melakukan hal tersebut justru dapat meningkatkan risiko cedera pada gigi dan rahang. Risiko tergigitnya lidah saat kejang sangat jarang terjadi. Selain itu, risiko aspirasi (masuknya benda asing ke dalam saluran napas) lebih berbahaya dan berpotensi fatal daripada risiko cedera akibat tergigit lidah. Lidah yang tergigit dapat sembuh, tetapi jika aspirasi terjadi selama kejang, risiko yang ditimbulkan bisa berujung pada kematian.
  3. Berikan Pendampingan: Sertai dan dampingi korban selama kejang berlangsung. Berikan kehadiran fisik dan berbicara dengan lembut untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan.
  4. Hitung Durasi Kejang: Catat durasi kejang dengan seksama untuk memudahkan penanganan tim medis.
  5. Rekam dan Berikan Rekaman ke Dokter: Rekaman ini dapat memberikan informasi penting kepada dokter dalam mendiagnosis dan merencanakan perawatan lebih lanjut.
Baca Juga  Rahim Rusak dan Depresi, Ada 6 Risiko yang Harus Ditanggung Novia Widyasari Usai Dipaksa Aborsi

Jika terpaksa harus membawa korban yang masih dalam kejang ke rumah sakit, harus dilakukan dengan hati-hati dengan memperhatikan hal berikut:

  • Jangan Melawan Arah Kejang: Hindari memaksakan pergerakan melawan arah kejang korban. Jangan menekuk atau menahan tangan serta otot yang mengalami kejang.
  • Tetap Posisikan Miring selama Perjalanan: Posisikan korban tetap miring selama perjalanan dan hindari potensi cedera.
WhatsApp chat