Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Outdoor Advertising

Outdoor Advertising

Kira-kira apa yang paling pertama akan terlintas di benak Anda ketika memikirkan Outdoor Advertising?

Kebanyakan orang akan berfikir kalau yang namanya outdoor hanyalah gambar sebuah billboard besar yang banyak di sepanjang jalan raya atau di beberapa gedung perkantoran di pusat kota. Padahal, Outdoor Advertising jauh lebih besar dari itu.

Outdoor Advertising yang juga seringkali disebut sebagai Out-Of-Home Advertising merupakan bentuk komunikasi dengan orang-orang saat mereka berada diluar rumah.

Hal ini dikarenakan kebanyakan orang menghabiskan waktu dan aktivitas diluar rumah mereka, menjadikan Outdoor Advertising berpotensi besar untuk menjangkau konsumen yang aktif.

Setiap Outdoor Advertising yang dilakukan bertujuan untuk mempublikasikan produk dan jasa bisnis Anda. Jenis Outdoor Advertising meliputi billboard, halte bus, interior dan eksterior dari bus, taksi dan kendaraan bisnis, serta signage yang dipasang di luar bata-dan-mortar (bangunan) Anda sendiri. 

Outdoor Advertising bekerja dengan baik untuk mempromosikan produk Anda di wilayah geografis tertentu. Sementara billboard, halte bus, dan tempat transit dapat sangat efektif untuk pemilik usaha kecil, semua kampanye outdoor yang sukses selalu dimulai dengan penggunaan signage pada lokasi Anda sendiri.

Outdoor sign Anda selalu menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon pelanggan. Sign Anda harus cukup terang dan mencolok untuk menarik perhatian (tanpa terkesan norak) dan cukup informatif untuk membiarkan calon pelanggan tahu apa yang dijual di sana.

Silahkan berkeliling dan analisa outdoor sign mana yang dapat mencuri perhatian Anda. Catatlah poin apa saja yang membuat sebuah outdoor sign menjadi tidak menarik. Kemudian pikirkan kesan yang diberikan oleh setiap sign. Ingat bahwa Anda tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama, maka berikan upaya terbaik Anda pada perangkat marketing yang satu ini.

Baca Juga  Sewa Baliho Riau

Jika Anda terlibat dalam sebuah bisnis yang memiliki armada kendaraan untuk melakukan pengiriman atau memberikan layanan, nama perusahaan Anda, logo, dan nomor telepon perusahaan Anda harus terlihat jelas pada kendaraan. Ini promosi gratis yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan kepekaan perusahaan di pasar Anda.

Billboard yang paling efektif bila terletak dekat dengan bisnis yang diiklankan. Karena biaya tinggi, mereka biasanya digunakan untuk menjangkau khalayak yang sangat besar, seperti dalam kampanye politik. Mereka cenderung terlalu mahal untuk sebagian besar perusahaan kecil, dan beberapa komunitas memiliki tata cara yang ketat yang mengatur penempatan billboard. Di Vermont, misalnya, mereka dilarang.

Iklan pada halte bus merupakan media yang sangat baik karena itu sangat terlihat, seperti billboard. Pada dasarnya, pengiklan halte bus memiliki audiens yang besar, terletak di lampu merah atau pada saat lalu lintas bergerak lambat (macet). Account Executive dari perusahaan manufaktur halte bus yang berbasis di Los Angeles mengatakan bahwa iklan di salah satu halte bus di persimpangan Los Angeles yang sibuk dapat dilihat oleh 35.000 sampai 50.000 orang per hari.

Biasanya, iklan terdiri dari design dua-warna sederhana dengan nama perusahaan Anda, ulasan singkat yang menggambarkan produk atau layanan, alamat dan nomor telepon. Biaya dan Termin bervariasi tergantung pada kota dimana Anda berada.

Baca Juga  Jangan Dianggap Sepele, Ini Pentingnya Advertising Untuk Usahamu

Hubungi angkutan departemen massal di kota Anda atau perusahaan bus lokal untuk mencari tahu siapa yang menyewakan ruang iklan di halte bus mereka. Beberapa perusahaan Outdoor Advertising menangani jenis periklanan seperti ini.

Iklan pada tempat Transit seperti di bus dan taksi dapat ditujukan untuk banyak orang, terutama pekerja pulang-pergi. Iklan Anda dapat sangat terlihat, dan menurut riset pasar menunjukkan bahwa iklan pada tempat transit itu sangat efektif.

Fakta – fakta dari Outdoor Advertising  :

1.Memiliki Dampak yang lama

Umumnya media periklanan lainnya terikat dengan sesuatu, misalnya periklanan melalui media televisi yang terikat dengan televisi.

Jika televisi dimatikan, maka periklanan terlewatkan. Berbeda dengan Outdoor Advertising yang tidak terikat dan tidak bisa dimatikan seperti televisi dan radio.

Orang-orang tidak memiliki kontrol apakah mereka mau melihat atau tidak. Sehingga, kampanye yang Anda lakukan menggunakan Outdoor Advertising akan berdampak untuk jangka waktu yang lebih lama.

2.Biaya yang efektif

Outdoor Advertising terbukti memberikan pengembalian Investasi yang tinggi di semua kategori.

Hasilnya, semakin tinggi anggaran yang dikeluarkan untuk Outdoor Advertising, maka semakin besar pula nilai pengembalian Investasi nya (ROI).

3.Menarik Perhatian

Outdoor mampu berdiri sendiri sehingga tidak perlu bersaing dengan iklan lain seperti pada media lainnya.

Dikarenakan Outdoor Advertising dibuat dalam ukuran besar, menjadikannya sangat terlihat jelas pada jarak dekat dan jarak yang tepat.

Mereka cenderung juga menjadi kreatif dan ekspresif yang cenderung memperoleh lebih banyak perhatian di kalangan konsumen.

Baca Juga  Hal Penting Bikin Billboard Jadi Lebih Efektif

4.Memiliki jangkauan besar dan jangkauan yang luas

Outdoor Advertising merupakan platform pemasaran yang hebat untuk merek atau bisnis yang berusaha untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Jangkauan Outdoor Advertising untuk konsumsi publik dan memiliki akses kepada konsumen yang terkadang berada di lokasi atau dalam kondisi yang sulit untuk dijangkau.

5.Membantu Closing

Menurut APN, 70% dari pembelian terjadi di luar tempat belanja dan ritel pusat utama. Lokasi merupakan poin penting tatkala berbicara masalah Outdoor Advertising.

Hal ini dikarenakan pengaruh dari semua tahap proses menuju pembelian dimulai dari traffic ke visibilitas iklan.

Penelitian yang dikumpulkan oleh Outdoor Media Centre (OMC) asal Inggris menunjukkan kalau Outdoor Advertising tergolong media periklanan yang paling terlihat oleh pembeli di ‘hal yang berpengaruh’ sebelum berbelanja.

6.Media yang menarik

Tidak seperti kebanyakan media, Outdoor Advertising terbukti lebih disukai oleh konsumen.

Hasil penelitian dari APN Outdoor didapatkan kalau 71% warga Australia lebih memilih bus dengan iklan daripada mereka yang tidak dan 36% menyatakan kalau Outdoor Advertising sebagai distraksi yang disukai.

7.Outdoor Advertising bagian dari marketing mix

Outdoor Advertising telah terbukti membantu media advertising lainnya. Dampak dan jangkauan Outdoor Advertising lebih baik dan dapat mengingatkan konsumen pada pesan dari media lain.

Selain itu, Outdoor Advertising dapat menawarkan pendekatan yang segar dan kreatif kepada merek dan perusahaan untuk menjangkau konsumen.

Sumber : 1 , 2

WhatsApp chat