Mengenal Apa itu Branding dan Fungsinya Dalam Bisnis

June 17, 2020
Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Mengenal Apa itu Branding dan Fungsinya Dalam Bisnis

Apa sih branding itu? Kata branding berasal dari kata brand, dalam bahasa Indonesia berarti merek. Dalam penggunaannya dalam sehari-hari, kata brand dan branding memiliki makna yang berbeda.

Kata brand berarti merek, sedangkan pengertian branding adalah berbagai macam kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah merek agar lebih dikenal masyarakat.

Sedangkan jika kita melihat pengertian branding menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Kotler (2009)
    Menurut Kotler, pengertian branding adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing.
  2. Landa (2006)
    Menurut Landa, pengertian branding adalah bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa atau perusahaan.

Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasa mata dari sebuah merek; mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut.

Baca Juga  Inilah Sederet Tebak-tebakan Receh yang Bikin Ngakak

Sedangkan menurut Wikipedia, pengertian branding adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai cara yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen tersebut.

Unsur-unsur branding
Setelah kita memahami apa itu branding, selanjutnya kita perlu tahu apa saja unsur-unsur penting yang terdapat dalam sebuah branding.

Unsur-unsur branding diantaranya adalah:

Nama merek atau brand
1. Logo (logo type, monogram, bendera)
2. Tampilan visual (desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain sebagainya)
3. Juru bicara (co-founder, mascot, tokoh perusahaan, orang terkenal)
4. Suara (lagu tematik, icon bunyi/ nada)
5. Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim)

Sumber

WhatsApp Hubungi kami untuk Harga Terbaik