Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Manfaat Mandi bagi Tubuh dan Cara Tepat Melakukannya

Selama ini mandi menjadi rutinitas yang dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh. Tapi, tahukah bahwa mandi juga ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental?

Manfaat mandi bagi tubuh

Membersihkan tubuh

Tujuan utama dari aktivitas mandi adalah membersihkan tubuh dan menjaga kulit tetap lembut. Terlebih lagi, mandi dengan air hangat membuka pori-pori. Hal ini akan membersihkan kotoran yang menumpuk sepanjang hari dan memungkinkan sabun benar-benar masuk dan melakukan tugasnya.

Meningkatkan kesehatan mental dan emosional

Mandi dapat menjadi perawatan diri yang terbaik, sesuatu yang jarang dilakukan oleh banyak orang. Perawatan diri bukan tentang mementingkan diri sendiri atau mengabaikan orang lain. Ini tentang meluangkan waktu untuk menghormati kebutuhan diri sendiri.

Beberapa studi penelitian juga menunjukkan bahwa jenis terapi mandi air hangat dapat memberikan efek positif bagi penderita depresi.

Mandi air hangat dikaitkan dengan penurunan hormon stres dan tingkat serotonin yang lebih seimbang, yang membantu mengatur suasana hati. Untuk relaksasi maksimal, tutup pintu dan katakan tidak pada gangguan yang tidak ada habisnya.

Baca Juga  Tiga Tips Jitu Untuk Naikkan Omzet Bisnis Online, Cek di Sini!

Membantu tidur nyenyak

Untuk tidur yang ideal, suhu tubuh harus turun sekitar dua atau tiga derajat. Dan meskipun tampaknya mandi membuat kita merasa hangat dan nyaman, namun mandi justru dapat meningkatkan suhu tubuh kita.

Saat tubuh menghangat di dalam bak mandi, hal ini akan membawa darah ke permukaan. Itu berarti panas tubuh ditarik dari inti tubuh. Hal ini akan menurunkan suhu tubuh dan meningkatkan relaksasi sehingga kita mudah tidur.

Untuk tidur yang nyenyak, cobalah mandi selama 10-15 menit sekitar 1-2 jam sebelum tidur.

WhatsApp chat