Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Makanan Terbaik yang Cocok untuk Tingkatkan Mood

Penelitian yang menunjukkan bahwa antara nutrisi dan kesehatan mental terdapat hubungan. Camilan manis dan berkalori tinggi disebut sebagai makanan terbaik untuk membantu anda lebih bersemangat.

Apa sajakah makanan terbaik untuk menjadi mood boostermu?

Ikan berlemak

Ikan berlemak adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan pikiran anda. Contohnya salmon dan tuna.

Makan makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 membantu untuk meningkatkan suasana hati anda dan mencegah depresi.

Dokter Casey Means mengatakan, bahwa 60 persen jaringan otak kita terbuat dari lemak, jadi pilihan lemak sehat dalam makanan berdampak besar pada struktur dan fungsi otak kita.

Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak dari sapi, kambing, maupun ayam adalah sumber makanan terbaik yang bisa meningkatkan mood anda. Itu karena daging tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk sel darah merah. Zat besi berperan mengangkut oksigen ke otak dan seluruh tubuh.

Asupan zat besi yang rendah dapat dengan mudah menyebabkan anemia defisiensi besi, yang terkait dengan gejala depresi termasuk kekurangan energi, mudah marah, dan lemas.

Baca Juga  Lee Know, Felix, dan IN Dinyatakan Negatif Covid-19, Konser STRAY KIDS Dilanjutkan Kembali

Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan senyawa yang bersifat mood booster, seperti kafein, teobromin, dan N-asiletanolamin, zat yang secara kimiawi mirip dengan kanabinoid.

Cokelat hitam juga tinggi flavonoid yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak anda, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak. Itu semua dapat mendukung peningkatan suasana hati.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat hitam dikaitkan dengan kemungkinan lebih rendah mengalami gejala depresi.

Bayam

Bayam dan sayuran berdaun gelap lainnya kaya akan sumber vitamin B. Vitamin tersebut berperan dalam memproduksi bahan kimia otak yang meningkatkan suasana hati dan fungsi otak lainnya.

Kekurangan asupan vitamin B, terutama B6, B9 dan B12 dapat menjadi faktor berkembangnya depresi. Jika anda tidak suka sayuran berdaun hijau tua, anda bisa mendapatkan vitamin B ini dari mengkonsumsi makanan seperti pisang dan telur.

Kopi

Kopi adalah bahan minuman dan makanan yang mengandung kafein. Senyawa alami ini mencegah adenosin menempel pada reseptor otak yang meningkatkan rasa lelah. Oleh karena itu, kopi dianggap sebagai mood booster karena mengurangi rasa lelah dan meningkatkan tingkat perhatian orang.

Baca Juga  Tahukah Anda Jika Ikan Hiu Itu Buta Warna?

Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan pelepasan neurotransimter untuk rasa senang, yaitu dopamin dan norepinefrin.

Teh

L-theanine adalah asam amino yang terkandung secara alami dalam daun teh hijau dan hitam. Salah satu zat terpenting dalam teh ini telah dikaitkan dengan kemampuan menurunkan stres dan kecemasan. Zat ini juga dapat menjadi mood booster anda secara keseluruhan.

WhatsApp chat