Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Buah

Banyak makanan dan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisinya. Seperti diketahui, sayuran, ikan, dan daging memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin dan protein. Sedangkan susu mengandung kalsium yang baik bagi tulang.

Meski begitu, terdapat sejumlah makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan buah karena memberikan efek samping. Hal itu juga berlaku untuk beberapa perpaduan sesama buah.

Berikut sejumlah makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan buah:

  1. Makanan kaya protein dengan buah

Sebaiknya hindari mengombinasikan makanan kaya protein seperti daging atau telur dengan buah-buahan. Diketahui, protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna, sedangkan buah-buahan yang kaya akan gula alami dicerna lebih cepat. Sehingga jika memakannya bersama-sama, dapat menyebabkan masalah pencernaan yang kemudian membuat perut tidak nyaman.

  1. Makanan bertepung tinggi dengan buah

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan buah selanjutnya adalah makanan bertepung tinggi seperti roti atau kentang. Jika dikonsumsi bersamaan, muncul proses fermentasi di saluran pencernaan yang memicu terjadinya kembung. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan dan makanan bertepung tinggi secara terpisah.

  1. Melon dan semangka dengan buah lainnya
Baca Juga  Lahirkan Bayi Kembar dengan Warna Kulit Berbeda, Ibu Ini Sempat Terkejut

Seseorang yang mengonsumsi melon atau semangka dengan buah lainnya merupakan sebuah kesalahan. Menggabungkannya dengan buah atau makanan lain dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan karena perbedaan waktu pencernaan.

  1. Buah manis dengan buah asam

Buah yang bersifat asam seperti jeruk atau stroberi tidak boleh dipadukan dengan buah manis seperti pisang. Pasalnya, sering kali perpaduan buah asam dan manis akan menimbulkan masalah kesehatan seperti mual, asidosis, dan sakit kepala.

  1. Pepaya dengan lemon

Mengonsumsi pepaya bersamaan dengan lemon dapat berakibat pada keseimbangan darah. Perpaduan antara pepaya dan lemon bisa menyebabkan seseorang menderita anemia atau ketidakseimbangan hemoglobin.

WhatsApp chat