Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Makan Mi Instan, Air Rebusan Pertama Lebih Baik Dipakai atau Dibuang?

Mie instan memang tidak bisa dipungkiri menjadi makanan favorit banyak orang. Dalam memasak mie instan, tiap orang mempunyai metode masing-masing. Ada yang menyantap mie instan dengan air rebusan pertama sebagai kuahnya dan ada pula yang memilih memakai air panas baru.

Nah, jika dilihat dari segi kesehatan, benarkah air rebusan mie instan membuat makanan itu jadi tidak sehat?

Dokter Nadia Alaydrus menjelaskan mengapa mie instan tidak direkomendasikan untuk disantap terlalu sering. Alasan pertama, karena mie instan terbuat dari tepung. Kalau makan tanpa tambahan, katanya, artinya hanya makan karbohidrat.

Selain kandungan gizi yang tidak seimbang kalau tidak ada kondimen lain, alasan kedua adalah karena mie instan tinggi natrium dari bumbunya.

Kalau dilihat dari informasi gizi yang ada di kemasan, natriumnya bisa memenuhi 40 samai 90 persen kebutuhan gizi harian. Ia menambahkan, gula dan garam itu sebenarnya adalah pengawet alam, tapi konsumsinya harus dibatasi.

Kemudian, mie instan itu dibuat dengan fortifikasi yaitu dengan penambahan zat besi dan beberapa vitamin serta mineral lain yang mana semua ada di tepung terigunya.

Baca Juga  Tipe Perempuan yang Bikin Laki-laki Jaga Jarak

“Misal, vitamin B3 dan B9 yang merupakan vitamin bersifat larut dalam air,” ungkapnya.
Kemudian, jika air rebusan mi instan dibuang, disebut dr Nadia, itu artinya kalian membuang juga sebagian besar vitamin yang larut dalam air rebusan pertama mi instan.

“Padahal sudah capek-capek difortifikasi agar lebih bergizi (eh malah dibuang),” tambah dr. Nadia lagi.

Artinya, air rebusan pertama mi instan sebaiknya tidak dibuang, karena di dalam air itu terkandung vitamin yang larut dalam air.

Alasan lain kenapa sebaiknya jangan dibuang adalah berkaitan dengan cita rasa dari mi instan itu sendiri.

“(Kalau buang air rebusan) Bisa menurunkan cita rasa dari mi instan tersebut. (Produsen mi instan) sebelum buat, pasti sudah diteliti dulu agar sesuai dengan selera konsumen. Jadi intinya, membuang air rebusan mi instan itu bukan berarti membuat mi instan jadi lebih sehat,” tegas dr Nadia.

WhatsApp chat