Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

LIMA TIPS MENGGUNAKAN ANGKUTAN UMUM AGAR TERHINDARI DARI COVID-19

Selama pandemi COVID-19 di tahun 2020, bekerja dari rumah atau biasa dikenal dengan istilah work from home menjadi salah satu cara yang banyak dipilih oleh perusahaan agar roda bisnis tetap berjalan.

Work from home sendiri pun cukup membantu dalam menurunkan kurva penyebaran COVID-19 dan diadopsi di berbagai negara di dunia. Di Indonesia pun, hal tersebut sudah banyak diterapkan oleh banyak perusahaan.

Walaupun begitu, tidak semua orang mendapatkan keistimewaan tersebut. Banyak orang lainnya yang mau tidak harus berpergian untuk bekerja. Salah satunya menggunakan kendaraan umum atau transportasi publik.

Oleh karena itu, kami akan membagikan 5 tips yang akan sangat berguna bagi kamu yang dalam kesehariannya menggunakan kendaraan umum untuk berpergian seperti bekerja di tengah wabah pandemi COVID-19 ini.

Jangan Lupa Menjaga Jarak
Tips pertama adalah jangan lupa untuk menjaga jarak atau physical distancing dengan penumpang lainnya. Hal ini mungkin relatif sulit dilakukan secara kolektif karena membutuhkan kesadaran banyak orang.

Namun, tidak ada salahnya jika tips di tengah wabah pandemi COVID-19 ini kamu lakukan saat menaiki kendaraan umum. Pasalnya, menjaga jarak pun akan memberikan manfaat bagi kamu nantinya lho.

Baca Juga  Nostalgia Zaman SD Dulu: "Pensil Inul" Nggak Nyaman buat Nulis, Beli Cuma buat Gaya-Gayaan

Saat kamu melakukan physical distancing atau menjaga jarak, risiko kamu tertular COVID-19 tentunya akan lebih berkurang dibandingkan jika kamu tidak melakukan physical distancing di kendaraan umum.

Gunakan Masker
Guna mengurangi menekan penyebaran COVID-19, salah satu yang ditekankan untuk dilakukan adalah menggunakan masker saat kamu akan berpergian ke luar rumah seperti menaiki kendaraan umum.

Secara umum, masker sendiri ada beberapa jenis yang bisa dipilih. Mulai dari masker kain tiga lapis, masker bedah, hingga masker N95. Untuk penggunaan sehari-hari, kamu bisa menggunakan masker kain.

Masker kain sendiri sekarang ini sudah bisa kamu temukan dengan mudah di toko online di e-commerce yang kamu gunakan. Kamu tinggal memilihnya sesuai dengan desain yang menarik hatimu.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah ceklah terlebih dahulu lapisan masker kain yang dijadikan sebagai masker sehari-hari. Pilihlah yang memilih lapisan lebih dari dua untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Upayakan Tidak Menyentuh Fasilitas Umum
Ukuran virus seperti COVID-19 yang begitu kecil membuatnya tidak akan kasat mata. Virus tersebut kemungkinan akan menempel di tempat atau fasilitas yang digunakan oleh banyak orang. Salah satunya adalah kendaraan umum.

Baca Juga  Demi Ajak Teman Jalan saat Pandemi, Geng Ini Bikin Presentasi di Depan Ortu

Dengan banyaknya yang menggunakan kendaraan umum, hal tersebut memungkinkan banyaknya bakteri dan virus yang menempel di fasilitas yang ada seperti kursi, gantungan tangan bus, dan lainnya.

Untuk menghindarkanmu dari terbawanya COVID-19 ke tanganmu, ada baiknya untuk mengupayakan tidak menyentuh fasilitas-fasilitas umum.

Pasalnya, kamu tidak pernah tahu siapa saja yang sudah memegang fasilitas-fasilitas tersebut sebelumnya. Untuk itu, tidak menyentuh fasilitas tersebut menjadi cara terbaik untuk menghindarkanmu dari COVID-19 di kendaraan umum.

Bawalah Perlengkapan Penunjang
Tips selanjutnya adalah bawalah perlengkapan penunjang yang sudah disarankan oleh pemerintah dan WHO. Beberapa barang penunjang saat menaiki kendaraan umum adalah tisu, hand sanitizer, dan sarung tangan.

Beberapa barang penunjang tersebut diperlukan ika kamu memang terpaksa atau tidak sengaja menyentuh fasilitas umum. Kamu nantinya bisa membersihkan tanganmu dengan hand sanitizer tersebut.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, pilihlah hand sanitizer dengan tingkat alkohol yang relatif tinggi. Pasalnya, COVID-19 memiliki kelemahan yakni akan cepat lenyap saat berhadapan dengan sabun dengan alkohol minimal 60 persen.

Baca Juga  Potret Truk Zaman Penjajahan saat Isi Bensin Bikin Heran Publik, Bahan Bakarnya Mewah

Oleh karenanya, kamu bisa membeli hand sanitizer yang lebih dari 60 persen. Beberapa perlangkapan ini sendiri dianjurkan untuk dibawa karena tidak semua kendaraan umum menyediakan barang-barang tersebut.

Tidak Mengucek Mata atau Wajah dengan Tangan
Penyebaran COVID-19 sendiri sudah diketahui yakni berasal dari droplet yang masuk melalui mulut, hidung, dan mata. Wajar saja jika banyak yang menyarankan untuk tidak menyentuh bagian wajah tersebut saat berada di luar rumah.

Hal tersebut didasari dengan ketidaktahuan kita akan apa saja yang menempel di tangan kita. Bisa saja saat kita menyentuh barang atau tangan seseorang, COVID-19 sudah berpindah ke tangan kita.

Untuk itu, cobalah untuk menahan diri untuk menyentuh mulut, hidung, dan mata saat menaiki kendaraan umum di tengah wabah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Paling tidak sampai kamu sampai di rumah.

Setelah kamu tiba di rumah, kamu bisa mencuci tanganmu menggunakan sabun untuk memberikan rasa aman bahwa tanganmu sudah bersih dari bakteri dan khususnya virus seperti COVID-19.

WhatsApp chat