Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

LIMA MASALAH KESEHATAN YANG SERING MENIMPA LANSIA DI INDONESIA

Kesehatan usia tua menjadi salah satu isu penting yang harus diperhatikan. Pasalnya orang lanjut usia sangat rentan terkena penyakit mengingat daya tahan tubuhnya yang cenderung rendah. Pentingnya kesehatan usia tua bahkan menjadi salah satu alasan di balik peringatan hari lansia atau hari lanjut usia. Hari lanjut usia biasanya diperingati pada tanggal 29 Mei setiap tahunnya. Hari lanjut usia menjadi peringatan akan kepedulian terhadap orang lanjut usia.

Lalu siapa sajakah orang yang masuk kategori lanjut usia? Orang lanjut usia merupakan mereka yang yang telah berusia 60 tahun ke atas. Seperti yang kamu ketahui semakin bertambahnya usia maka kemampuan dan fungsi organ tubuh pun akan semakin menurun. Hal ini membuat seseorang menjadi lebih rentan terkena masalah kesehatan. Masalah kesehatan usia tua ini tidak hanya meliputi adanya gangguan fisik tetapi juga mental.

Faktanya lansia rentan terkena masalah kesehatan usia tua yang disebabkan oleh tekanan mental dan kecemasan. Bertambahnya usia memang tidak bisa dicegah, namun kamu dan orang tersayang dapat mengurangi kemungkinan mengalami gangguan kesehatan di masa tua dengan menerapkan pola hidup sehat. Lalu apa yang terjadi jika tidak menjalani gaya hidup yang sehat? Hal ini akan membuat seseorang rentan terkena masalah kesehatan usia lanjut seperti berikut.

Baca Juga  5 Cara Atasi Selera Makan Turun saat Mengalami Anosmia

1. Masalah Kesehatan Usia Tua: Osteoporosis
Salah satu masalah kesehatan usia tua yang yang paling sering dialami para lansia adalah kondisi tulang yang menjadi sangat rapuh dikarenakan kepadatan tulang berkurang. Rapuhnya tulang pada lansia kemudian dapat menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan, rentang mengalami memar, dan risiko mengalami patah tulang semakin besar.

Osteoporosis juga seringkali ditemukan terjadi pada wanita yang telah memasuki fase menopause. Untuk mencegah masalah usia tua ini dapat dilakukan dengan menambah asupan vitamin D dan kalsium serta melakukan olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan tulang.

2. Masalah Kesehatan Usia Tua: Masalah Penglihatan
Memasuki usia 50 tahun, penurunan dan kerusakan fungsi mata menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi pada lansia. Salah satu penyakit mata yang biasanya menyerang lansia adalah glaukoma. Glaukoma merupakan kondisi peningkatan tekanan zat cair pada bola mata yang kemudian menyebabkan kerusakan saraf optik. Pada kondisi buruk glaukoma dapat menyebabkan kebutaan.

3. Masalah Kesehatan Usia Tua: Penyakit Alzheimer
Seperti yang kamu ketahui bahwa seiring bertambahnya usia kepikunan mungkin terjadi. Bagaimana jika kepikunan ini berada di tahapan atau kondisi yang cukup parah? Alzheimer adalah salah satu penyakit yang rentan menyerang lansia dan merupakan kondisi kepikunan yang cukup serius. Mereka yang terserang Alzheimer memiliki kemampuan dalam mengingat dan berpikir yang rendah.

Baca Juga  Daftar Kerja Part Time yang Cocok Untuk Nambah Uang Jajan Mahasiswa

Gangguan kognitif atau demensia pun merupakan gangguan yang sering terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya kemampuan daya ingat. Untuk mencegah penyakit tersebut beberapa aktivitas seperti membaca, bermain teka-teki, dan belajar bahasa baru dinilai membantu menghindari seseorang dari kepikunan.

4. Masalah Kesehatan Usia Tua: Arthritis (Nyeri Sendi)
Di usia tua adanya rasa nyeri pada berbagai sendi seperti jari, pinggul, lutut, pergelanga tangan, dan tulang punggung umum terjadi. Kondisi nyeri sendi merupakan penyakit arthritis yang bisa dicegah dengan melakukan olahraga teratur dan menjaga berat badan. Saat nyeri sendi terjadi dan tak tertahankan, disarankan untuk tidak memaksakan melakukan berbagai aktivitas berat dan melakukan istirahat sejenak.

5. Masalah Kesehatan Usia Tua: Gangguan Metabolisme Tubuh
Buruknya metabolisme tubuh dapat menyebabkan terjdinya obesitas atau kondisi berat badan belebih pada lansia. Selain obesitas, terganggunya metabolisme tubuh dapat menimbulkan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, dan tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya sangat disarankan untuk mengontrol asupan makanan dan olahraga teratur sehingga dapat mengurangi terjadinya komplikasi masalah kesehatan usia tua.

Baca Juga  Cabang Favorit Anak-Anak untuk PON XX Papua 2021

WhatsApp chat