Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Kondisi Lidah Bisa Jadi Tanda Stroke

Stroke adalah kondisi saat aliran darah ke bagian otak terhenti, sehingga sel-sel otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

Sel tersebut pun mati dalam beberapa menit dan dapat menyebabkan kerusakan otak yang berlangsung lama, cacat jangka panjang, bahkan kematian.

Stroke yang berimbas pada kelumpuhan dapat menyerang siapa saja. Namun, orang dengan kondisi kesehatan tertentu berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

Kondisi lidah disebut dapat menjadi tanda-tanda stroke, masalah kesehatan yang dapat mengakibatkan kelumpuhan pada penderitanya.

Informasi tersebut diungkap oleh akun media sosial X (dulu Twitter) @petanirumah.

Melalui unggahannya, warganet menuliskan, penderita stroke sebenarnya dapat diselamatkan dan kembali sehat seperti sedia kala.

“Triknya adalah mengenali stroke, mendiagnosa, dan kemudian merawat pasien secara medis dalam waktu 3 jam, dan itu sangat sulit,” kata pengunggah.

Namun, menurutnya, dokter dan masyarakat dapat mengenali gejala stroke dari lidah seseorang.

“Mintalah orang tersebut untuk ‘menjulurkan’ lidahnya. Jika lidah ‘bengkok’, jika mengarah ke satu sisi atau sisi lainnya, itu juga merupakan indikasi stroke,” tulis pengunggah.

Spesialis saraf dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Pukovisa Prawiroharjo mengatakan, kondisi lidah “bengkok” dapat menjadi tanda stroke.

Kendati demikian, lidah bukan menjadi satu-satunya gejala saat seseorang mengalami kerusakan otak akibat gangguan suplai darah ini.

Sama seperti tanda stroke lain yang relatif datang tiba-tiba, lidah penderita biasanya mengalami perubahan ketampakan atau fungsi secara tiba-tiba.

Baca Juga  Kandungan Makanan dan Minuman Ini Mudah Bikin Tubuh Kamu Melebar
WhatsApp chat