Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Kenali Fakta Putri Malu, Tumbuhan Liar yang Pemalu!

Kenali Fakta Putri Malu, Tumbuhan Liar yang Pemalu!

Kamu pasti pernah kan melihat tanaman yang ada di sekitar kalian?
Pasti pernah juga kan iseng-iseng menyentuh tanaman-tanaman ini?
Lalu tanaman yang kamu sentuh tersebut langsup menguncup secara tiba-tiba?

Pasti pernah kan menemukan tanaman seperti ini?
Kamu tau tanaman apa yang malu-malu saat disentuh tersebut?

Putri Malu

Ya! Tanaman yang akan langsung menguncup malu saat kamu sentuh adalah Mimosa pudica atau yang kita kenal dengan nama Putri Malu. Pasti Kamu pernah kan sengaja pergi mencari tanaman ini hanya untuk kamu sentuh semuanya agar tanaman-tanaman ini segera menguncupkan daun-daunnya?. Selain fakta dia akan menguncupkan daunnya saat disentuh, Apakah kamu tau fakta-fakta lainnya dari tanaman Putri Malu?

Ini dia fakta-fakta dari Putri Malu!

Memiliki Gerakan Nasti

Kenali Fakta Putri Malu, Tumbuhan Liar yang Pemalu!

Seperti yang kita semua ketahui bahwa tanaman Putri Malu ini akan menguncupkan daun-daunnya saat disentuh layaknya putri yang pemalu. Nah, gerakan menutup dan membukanya daun-daun tersebut memiliki nama gerakan nasti. Gerakan nasti ini tak hanya terjadi saat kamu sentuh aja loh, putri malu juga akan melakukan gerakan nasti akibat cahaya yang diterimanya. Ketika siang hari (banyak cahaya) daun-daun putri malu akan terbuka, sedangkan saat malam hari (minim cahaya) daun-daun putri malu akan menguncup alias tertutup.

Baca Juga  Terkuak Fakta Orochimaru Tokoh Paling Misterius

Gerakan Nasti Terjadi Akibat Keseimbangan Air Pada Bantal Daun

Kenali Fakta Putri Malu, Tumbuhan Liar yang Pemalu!

Kamu pernah mencari tau ga sih kenapa Putri Malu ini bisa tiba-tiba menguncup saat disentuh dan akan kembali terbuka beberapa saat kemudian? Ternyata, gerakan nasti ini terjadi akibat keseimbangan air pada bantal daun. Maksudnya? Jadi, Bantal daun pada Putri Malu terletak pada bagian pangkal daun, dan saat daun ini tersentuh ia akan kehilangan tekanan dan akan membuat daun ini menguncup. Tapi sesaat kemudian ketika tekanan air bantal kembali normal, daun Putri Malu akan mekar kembali.

Gerakan Nasti untuk Melindungi Diri

Kenali Fakta Putri Malu, Tumbuhan Liar yang Pemalu!

Ternyata, gerakan nasti yang dilakukan oleh putri malu terjadi bukan tanpa alasan. Gerakan nasti ini terjadi untuk melindungi diri si Putri Malu dari binatang-binatang herbivora yang ingin menyantap tanaman putri malu ini.Ya! Dengan melakukan gerakan nasti, binatang-binatang yang tadinya ingin menyantap Putri Malu akan mengira bahwa tanaman ini layu (akibat gerakan daunnya yang tertutup) sehingga binatang-binatang ini pun tidak jadi memakan Putri Malu.

Baca Juga  Hotel Terlangsing di Dunia Ada di Salatiga, Lebarnya Cuma 2,8 Meter!

Putri Malu adalah Tumbuhan Liar

Kenali Fakta Putri Malu, Tumbuhan Liar yang Pemalu!

Kamu tau ga, ternyata tumbuhan yang sering dijadikan mainan oleh anak-anak karena kemampuannya menutup dan membuka daunnya adalah tumbuhan liar loh. Ya! Putri Malu akan sangat mudah sekali tumbuh di pinggir jalan, taman, atau lahan kosong. Pasti kamu juga sering menemukannya kan?

SA/Rin~

WhatsApp chat