Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Jika sibuah hati terserang batuk, jangan terburu-buru pergi ke dokter, 5 Obat alami ini bisa dijadikan solusi

Setiap orang tua pasti akan langsung panik jika sibuah hati sakit, apalagi dengan cuaca yang esktrim ini tentunya penyakit akan gampang menghampiri. Salah satu penyakit yang sering menghampiri anak adalah Batuk, dan jika anak sudah sakit pasti orang tua akan langsung membawa ke dokter. Sebenarnya banyak sekali bahan alami yang bisa diolah menjadi obat batuk, namun tidak semua memberikan efek yang sama positifnya pada setiap umur anak.

Berikut 5 jenis obat alami yang bisa membantu meredakan batuk pada anak :

1. Madu

Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa madu merupakan bahan alami ini tepat dipilih sebagai obat batuk alami untuk anak. Madu memang memiliki kandungan yang bersifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi. Selain kandungannya yang memang ampuh menyembuhkan batuk, madu juga lebih disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis.

Salah satunya adalah riset yang dilakukan oleh University of North Carolina melaporkan 90% persen peserta, yang merupakan anak-anak dengan gejala batuk, memperlihatkan perkembangan kondisi yang membaik setelah mengonsumsi 1,5 sendok teh madu sebagai obat batuk alami untuk anak setiap malam sebelum tidur.

Baca Juga  Jadwal Makan Yang Tepat Untuk Penderita Asam Lambung

Namun mengkonsumsi madu juga ada anjuran dosis/takarannya untuk diberikan sebagai obat batuk alami berdasarkan usia anak , berikut takarannya :

Umur 1-5 tahun: ½ sendok teh

Umur 6-11 tahun: 1 sendok teh

Umur 12 dan lebih: 2 sendok teh

Selain memberikan obat batuk alami untuk anak ini secara langsung, Anda juga dapat melarutkan madu ke dalam air hangat agar si kecil lebih mudah menelannya. Namun hindari memberikan madu sebagai obat batuk alami untuk anak yang berusia di bawah satu tahun.

2. Lemon

Buah-buahan juga dapat dijadikan obat batuk alami untuk anak, salah satunya adalah lemon. Lemon dapat meredakan radang yang terjadi di bagian tenggorokan, sekaligus memberi asupan vitamin C yang cukup untuk tubuh.
Ramuan obat batuk alami untuk anak dapat dibuat dengan cara mengombinasikan satu sendok teh jus lemon dengan satu sendok teh madu. Minumlah obat batuk alami untuk anak ini beberapa kali dalam sehari. Cara lain mengonsumsi lemon sebagai obat batuk alami untuk anak adalah dengan mencampurkan lada dan madu ke dalam air perasan lemon.

Baca Juga  Denny Sumargo Rayakan 1 Tahun Pernikahan Buat Olivia Allan Nangis

3. Kunyit

Kunyit dapat mengurangi gejala yang disebabkan oleh penyakit batuk, terutama batuk kering. Dalam kunyit, terdapat curcumin yang mana merupakan senyawa antiinflamasi yang mampu melawan partikel asing yang mengakibatkan infeksi di saluran pernapasan. Disamping sebagai obat batuk alami untuk anak, Kunyit dapat memiliki peran yang lebih signifikan, seperti membantu melawan berbagai penyakit kronis.

Cara memanfaatkan kunyit sebagai obat batuk alami untuk anak adalah dengan menghancurkannya menjadi bubuk halus, lalu mencampurkannya ke dalam satu gelas susu panas. Selain itu, Anda bisa mencampur kunyit dengan garam dalam teh yang dilarutkan dalam 4 gelas air untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokkan.

Usahakan untuk tak meminum air putih setelah mengonsumsi ramuan obat batuk alami untuk anak dari kunyit ini. Air putih dapat menghambat kerja dari senyawa anti-inflamasi yang terkandung pada kunyit.

4. Jahe

Jahe juga dapat membantu meredakan gejala batuk pada anak, karena dapat memberikan sensasi hangat sehingga memberi efek melegakan pada tenggorokan yang terasa kering dan otot-otot leher yang menegang akibat batuk kering . Pada beberapa penelitian, obat tradisional yang mengandung jahe turut membantu mengencerkan lendir di saluran pernafasan sehingga amat cocok dijadikan obat batuk alami untuk anak yang menyembuhkan batuk berdahak.

Baca Juga  Awas Perang Dunia 3! AS Warning, Inggris Kirim Pasukan

5. Makanan berkuah hangat

Makan makanan berkuah dan hangat dapat melegakan tenggorokan dan mengatasi keluhan kesehatan lainnya seperti kelelahan, sesak napas, dan demam. Dengan khasiatnya ini, makanan berkuah dapat menjadi pilihan obat batuk alami untuk anak. (ans)

WhatsApp chat