Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Intip Budaya Barat, Ini 4 Tips Untuk Tingkatkan Kualitas Diri

Merangkum dari buku berjudul Asia Vs Barat berikut ini beberapa budaya barat yang dapat dijadikan contoh untuk kita.

  1. Sifat egalitarian

Dalam budaya barat mereka memiliki sifat tidak membedakan status diantara satu orang dengan orang yang lain atau sering disebut egalitarian. Hal ini sering tampak pada dunia kerja dimana mereka tidak membedakan peringkat dan status antara atasan dan bawahan.

Sifat egalitarian ini mendorong mereka untuk bersinergi satu sama lain dalam mencapai tujuan bersama tanpa ada rasa superior di antara pekerja.

  1. Terbuka pada ide

Budaya barat yang berbentuk nilai positif dapat dilihat pada penyampaian ide yang dilakukan secara demokratis. Orang barat cenderung akan menghormati siapa pun dan memiliki sifat terbuka dalam penyampaian ide-ide terbaru.

Hal ini dapat mereka lakukan tanpa harus merasa tertekan dan memandang harmonisasi masyarakat terlebih dahulu. Tentu budaya ini akan membuat siapa pun berani untuk memberikan ide terbaru yang bisa saja memberikan kehidupan yang lebih baik untuk sebagian besar masyarakat.

  1. Mendukung potensi kreatif individu
Baca Juga  5 Sikap Pria Yang Sering Membuat Wanita Merasa Canggung

Budaya yang ada pada masyarakat barat memberi perhatian untuk mewujudkan potensi kreatif seseorang dalam kehidupan. Mereka memberi ruang terlebih dahulu terhadap potensi yang bisa dikembangkan oleh seseorang tanpa memandang status individu tersebut.

Dalam kata lain siapa pun bisa berkarya tanpa harus meraih bersetujuan secara sosial atau kelompok terlebih dahulu.

  1. Pendidikan berorientasi pada penerapan

Sistem pendidikan merupakan hal yang paling sering dibicarakan dari budaya barat karena cenderung jauh berbeda dengan budaya timur. Nah, sistem pendidikan di barat ini lebih mengutamakan pada pengalaman belajar dan bagaimana penerapannya dalam hidup.

Budaya pendidikan ini patut dicontoh seperti dalam hal tidak menekankan pada hasil nilai akademik serta orientasi pada kerja.

Tentu belajar dari budaya lain bukanlah hal yang salah karena di Indonesia sendiri kita hidup berdampingan dengan beranekaragam budaya yang ada. Hanya saja kita perlu memperhatikan mana yang baik untuk kita contoh dan mana yang tidak perlu kita contoh. Terlepas dari baik dan buruknya budaya sebenarnya kita tak bisa menilai seperti itu, karena budaya memang telah ada sebagai identitas dari masyarakat yang harus kita hormati.

Baca Juga  Cara Hapus Foto dan Video Secara Permanen di Folder Recently Deleted iPhone
WhatsApp chat