Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Insomnia? Benarkah musik bisa membuat tidur lebih lelap?

Insomnia? Benarkah musik bisa membuat tidur lebih lelap?

Kalau insomnia ini pasti mengganggu banget yah. Apalagi kalau besok harus bangun pagi buat sekolah atau kerja. Duhhhh..

Dikutip dari artikel GoodLife.id ,ternyata musik bisa membuat tidur lebih lelap dan membantu menyelesaikan permasalahan insomnia ini.

Ada sebuah studi menunjukkan, musik membantu kita tidur lebih mudah dan lebih nyenyak. Sebanyak 62% responden survei yang dilakukan University of Sheffield itu mengaku mendengarkan musik agar bisa tidur. Mereka menyebut nama-nama jenis musik dan penyanyi atau band favorit yang bisa mengantarkan mereka ke alam mimpi.

Bagaimana bisa musik membuat kita tidur lebih mudah dan lebih nyenyak?
“Ketika kita tidur, satu-satunya indera yang kita butuhkan adalah telinga,” kata Dr. Carol Ash, dokter spesialis tidur dari Robert Wood Barnabas Johnson Health, New Jersey.

Musik juga membantu memprogram ulang otak. Misalnya pada penderita insomnia yang seringkali memiliki asosiasi bawah sadar bahwa kamar tidur berarti stres, kamar tidur adalah tempat dimana mereka tak bisa rileks. Ini membuat mereka seringkali menjadi lapar dan makan lagi, yang malah makin membuat mereka sulit tidur.

Baca Juga  Tujuh Tips Untuk Mengurangi Gangguan Kerja Saat Berada di Kantor

Dengan program ulang otak, kita bisa memberi sinyal pada otak bahwa lingkungan yang dulu membuat stres sebetulnya aman dan nyaman. Ini yang menyebabkan kenapa musik membantu kita tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Ya karena kita merasa aman dan nyaman.

Tapi tentu tak semua genre musik memiliki efek yang sama. Yang paling penting, lagu atau musik itu harus kita kenal. Musik yang paling bisa membuat kita rileks adalah yang memiliki 60 ketukan per menit. Biasanya ini ada pada lagu slow, rendah, dan yang membuat rileks.

Bunyi juga sangat erat kaitannya dengan memori atau kenangan. Jadi, pilihlah musik yang sudah familier dan memiliki kenangan indah, sehingga bisa mengingatkan kita pada masa-masa bahagia.

SA/Rin~

WhatsApp chat