Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Ingin Jadi Penulis? Ini Dia 12 Tips untuk Menjadi Penulis Pemula

Jika kamu ingin jadi penulis tapi tidak tahu apa yang harus kamu lakukan, inilah tips yang bisa kamu coba. Namun ingatlah bahwa segala sesuatu untuk berhasil dan menjadi penulis besar membutuhkan proses yang tidak mudah. Harus ada harga yang dibayar di dunia ini, termasuk untuk menjadi penulis. Ini dia tips untuk menjadi penulis pemula yang pelan-pelan bisa mulai kamu praktekkan.

1. Tentukan apa yang ingin kamu tulis

Tips untuk menjadi penulis pemula yang pertama adalah tentukan apa yang ingin kamu tulis. Apakah berbentuk puisi, cerpen, novel, artikel atau tulisan bebas yang kreatif. Apakah tulisan itu bersifat fiksi atau kisah nyata, komedi, sedih atau romantis. Bersifat misteri atau rohani?

Pikirkan juga bacaan apa yang paling menarik kamu baca selama ini. Selama belum menentukan maka kamu akan kebingungan dengan apa yang seharusnya kamu tulis.

2. Latihan menulis

Cara kedua adalah berlatih. Tanpa latihan kamu tidak akan menjadi pandai dalam bidang apapun. Seorang atlet yang memenangkan pertandingan adalah atlet yang terus berlatih setiap hari. Sama seperti naik sepeda, kamu akan segera mahir jika terus berlatih. Begitu juga dengan menulis, semakin sering kamu menulis akan makin lancar kamu menuangkan idemu ke dalam kertas.

Baca Juga  Emas Antam Turun Lagi, Hari Ini Dijual Rp 966.000/gram

3. Nikmatilah proses menulis

Menjalani proses menulis sangat penting supaya kamu tidak cepat bosan dengan apa yang sedang kamu tulis. Nikmatilah, jangan sekali-kali kamu merasa terbebani dengan perkataan ‘aku harus nulis’, tapi sebaiknya berpikirlah bahwa ‘aku menikmati waktu menulisku’, ‘aku senang bisa menulis’, ‘aku bisa berekspresi dengan menulis’.

4. Berekperimen

Kamu harus membiarkan kebebasan untuk bereksperimen dalam menulis, artinya kamu tidak harus terfokus pada satu genre cerita saja. Ini adalah salah satu cara untuk mengenali potensi kamu dalam menulis, apakah kamu lebih cocok menulis genre yang satu atau yang lainnya.

Kamu pun boleh keluar dari zona nyaman menulismu, misal jika selama ini kamu menulis fiksi, sesekali tulislah sebuah artikel. Ini akan meningkatkan ketrampilan menulis kamu.

5. Tentukan waktu menulis yang teratur

Ambillah 1 sampai 2 jam dalam sehari di sela-sela kegiatanmu. Lebih baik menulis sedikit daripada tidak sama sekali. Ini akan membuat kamu juga lebih terbiasa menjadi penulis.

6. Bacalah lebih banyak buku

Baca Juga  10 Ide Bisnis Crafting, Ayu Buat Ini

Sehari setidaknya ambil waktu untuk membaca buku, menonton berita di TV atau info di internet. Ini akan membuat kosakata kamu lebih banyak dan membuat kamu tahu tentang informasi yang sedang ngetrend saat ini. Ingat kamu menulis tujuannya juga untuk dibaca orang lain, maka pastikan kalau apa yang kamu tulis itu menarik.

WhatsApp chat