Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Hindari Makanan Ini Jika Anda Merasa Stres

Stres adalah respons psikologis dan fisiologis terhadap berbagai tantangan atau tuntutan, yang sering disebut sebagai respons “melawan atau lari”. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti tekanan pekerjaan, masalah keuangan, atau masalah hubungan, atau faktor internal seperti ekspektasi yang dipaksakan oleh diri sendiri atau masalah kesehatan.

Stres dapat bermanifestasi sebagai perasaan tegang, khawatir, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi, atau gejala fisik seperti sakit kepala atau ketegangan otot. Dalam hal makanan, meskipun tidak ada bukti langsung bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan tingkat stres, pola dan pilihan makanan tertentu secara tidak langsung dapat berkontribusi pada peningkatan stres. Teruslah membaca saat kami membagikan daftar makanan yang harus Anda hindari jika Anda merasa stres.

  1. Kafein
    Konsumsi makanan dan minuman yang kaya kafein seperti kopi, minuman berenergi, dan cokelat dapat meningkatkan tingkat stres. Kafein merangsang pelepasan kortisol, hormon stres, yang menyebabkan kecemasan dan kegelisahan.
  2. Makanan manis
    Makanan bergula tinggi menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat, diikuti dengan rasa lelah dan pingsan. Efek rollercoaster ini dapat mengintensifkan perubahan suasana hati dan meningkatkan perasaan stres dan mudah tersinggung.
  3. Makanan olahan
    Makanan olahan, seperti keripik, makanan cepat saji, dan makanan beku, sering kali mengandung lemak trans, pengawet buatan, dan bahan tambahan yang tinggi. Bahan-bahan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan meningkatkan tingkat stres.
  4. Alkohol
    Meskipun alkohol pada awalnya terlihat menenangkan, alkohol sebenarnya dapat memperburuk stres dan kecemasan. Alkohol mengganggu pola tidur, merusak fungsi kognitif, dan menguras nutrisi penting, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan tingkat stres.
  5. Makanan tinggi natrium
    Mengkonsumsi makanan tinggi natrium, seperti daging olahan, makanan cepat saji, dan sup kalengan, dapat menyebabkan retensi air dan peningkatan tekanan darah. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik dan berkontribusi terhadap perasaan stres.
  6. Makanan berlemak
    Makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, produk susu penuh lemak, dan daging berlemak, dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang memengaruhi fungsi otak dan pengaturan suasana hati. Peradangan ini dapat memperkuat stres dan kecemasan.
Baca Juga  Mengetahui Kondisi Lidah Tertelan Dan Cara Mengatasinya
WhatsApp chat