Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Hilangkan Kebiasaan Ini Jika Ingin Dihargai

Rasa hormat atau menghargai seharusnya berjalan dua arah. Tidak hanya tentang menghargai orang lain, tapi kita juga ingin dihargai. Sering kali kita berpikir untuk bersikap baik agar mereka setidaknya bisa menghormati kita.

Jadi kalau kamu ingin dihargai orang lain, sebaiknya hilangkan beberapa kebiasaan ini untuk mendapatkan rasa hormat. Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

  1. Selalu mengatakan “ya”

Mengatakan “ya” pada segala sesuatu biasa dilakukan untuk menyenangkan orang lain. Ini mulanya berasal dari rasa takut mengecewakan orang lain. Tapi masalahnya, kita tidak mungkin membuat kebahagiaan untuk semua orang. Justru sebaliknya, kamu akan merasa terbebani.

Asal tahu saja, sikap seperti ini malah membuat orang semakin meremehkanmu. Jadi pendapat atau kebutuhanmu tidak penting untuk mereka. Pada akhirnya kamu tidak dihormati karena terlalu baik. Kita memang harus selalu berbuat kebaikan, tapi semua ada kadarnya.

  1. Meminta maaf secara berlebihan

Meminta maaf adalah etika dasar yang harus dilakukan ketika kita berbuat salah. Tapi kalau kamu melakukannya meskipun untuk hal yang tidak diperlukan, maka sama saja kamu membuat dirimu tidak percaya diri. Jika dilakukan berlebihan, ini seolah menurunkan harga diri kita. Sebelum menghargai orang lain, sayangi dirimu sendiri terlebih dahulu.

  1. Mengabaikan kebutuhan pribadi
Baca Juga  15 Gebrakan Erick Thohir yang Hebohkan Publik sejak Awal Jadi Menteri

Sering kali terjadi, kita terlalu sibuk memenuhi kebutuhan orang lain sehingga kita lupa mengurus diri sendiri. Jika kamu tidak mengutamakan kepentinganmu dahulu, artinya kamu tidak menghargai dirimu sendiri. Jangankan itu, bahkan orang lain akan bersikap demikian.

  1. Mencari validasi

Seolah tidak bisa memutuskan sesuatu dengan sendiri, kamu terlalu sibuk mencari persetujuan atau validasi Ketika kamu terus menerus bergantung kepada orang lain, maka sama aja kamu membiarkan mereka mengendalikan hidupmu. Bahkan untuk kesuksesan, kamu membutuhkan penilaian mereka.

Tapi, rasa hormat datang dari dalam. Kamu harus menghargai diri sendiri terlebih dahulu sebelum mengharapkan mereka menghormatimu. Itu dimulai dengan memercayai kemampuan dan keputusanmu sendiri tanpa pengakuan dari orang lain.

  1. Menghindari konflik

Tak sedikit orang yang memilih menjaga perdamaian dengan menghindari konflik, meski harus menekan perasaan diri sendiri. Padahal konflik tidak selalu buruk, bisa jadi berdampak positif untuk pelajaran hidup. Menghindar dari pertengkaran mungkin solusi sementara, tapi tidak akan menyelesaikan masalah. Justru sebaliknya, orang lain jadi seenaknya padamu.

WhatsApp chat