Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Hanya dengan Amalan Ringan Dosa Besar Ternyata Bisa Hilang, Subhanallah

Hanya dengan Amalan Ringan Dosa Besar Ternyata Bisa Hilang, Subhanallah

Manusia memang tidak pernah luput dari yang namanya dosa. Melakukan sebuah dosa memang selalu dilakukan manusia, mau itu tidak sengaja atau disengaja.

Namun manusia diberikan akal dan pikiran untuk bisa meminta ampunan kepada Sang Pencipta. Syaratnya kita harus taubat nasuha dan amalkan taubatmu dalam perbuatan sehari-hari.

Tidak perlu meraung-raung menangis meminta pengampunan, ternyata sang pencipta memang begitu baik terhadap hambanya.

Bahkan hanya dengan amalan ringan saja dosa-dosa besar kamu bisa terhapuskan. Nah berikut merupakan amalan ringan yang bisa menghilangkan dosa besar.

1. Istighfar

Istighfar bisa menghapus dosa dan mencegah perbuatan munkar.

Hanya dengan mengucapkan “Astaghfirullahalal’adzim” atau mengucapkan kalimat lain dengan makna yang sama, dosa-dosa perlahan-lahan bisa memudar.

2. Sedekah

Ada banyak ayat dalam Al-Quran yang mewajibkan kita untuk bersedekah. Sebab sedekah yang dilandasi dengan hati ikhlas dapat menggugurkan dosa-dosa.

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi). Jadi kalian semua jangan ragu untuk bersedekah.

3. Lakukan Kebaikan

Rasulullah SAW bersabda: “Dan ikutilah keburukan itu dengan kebaikan karena kebaikan itu dapat menghapus keburukan.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Baca Juga  Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Ini Bukti Indomie Goreng di Pulau Jawa dan Sumatera Berbeda

Keburukan hanya bisa ditebus oleh kebaikan. Jika kita dulu suka berbuat buruk, sekarang tebuslah semua dosa-dosa kita dengan rajin melakukan kebaikan.

4. Sabar Dalam Mengahadapi Cobaan

Jangan sedih bila kita ditimpa cobaan dan musibah seperti sakit, ada yang mitnah atau rezeki seret. Sebab semua cobaan itu bisa menghapus semua dosa-dosamu asalkan kita bisa sabar dan ikhlas menerimanya.

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengan dosa-dosanya”. (HR. Muslim).

Jika kita sedang sedih karena suatu permasalahan, terimalah dan hadapi dengan penuh kesabaran dan tawakal.

5. Selalu Mendoakan Kebaikan Orang Lain

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama,” (HR. Muslim).

Berdoalah untuk mereka agar Allah mengampuni dosa-dosanya. Maka Allah pun akan mengampuni dosa-dosamu.

Sumber : Tipskeren.Pojoksatu.id

WhatsApp chat