Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Fakta Menarik Tempat Terdalam di Lautan Bumi

Sama seperti permukaan tanah yang memiliki puncak dan lembah yang sangat besar, dunia laut juga memiliki topografi yang bervariasi, bahkan menyimpan tempat terdalam dengan kegelapan yang misterius.

Salah satu yang menarik adalah Palung Mariana, yang dinobatkan sebagai tempat terdalam di dunia. Fakta menarik dari palung laut ini adalah sebuah jurang di Samudra Pasifik barat yang membentang lebih dari 2.540 Km.

Palung Mariana juga merupakan lokasi Challenger Deep yang merupakan titik terdalam di laut yang diketahui.

Challenger Deep memiliki kedalaman lebih dari 11.000 meter di bawah air. Itu hampir tiga kali lebih dalam dari lokasi reruntuhan tenggelamnya kapal Titanic di Samudra Atlantik dan lebih dalam dari tinggi Gunung Everest.

Namun masih ada fakta menarik lainnya soal Challenger Deep, salah satu tempat terdalam yang ada di Palung Mariana.

Sutradara Titanic pernah menjelajahinya

Salah satu dari sedikit orang yang pernah menjelajah Challanger Deep adalah sutradara Titanic, James Cameron. Ia mengemudikan kapal selam dan mencapai kedalaman 10.908 meter, mencetak rekor dunia pada tahun 2012.

Baca Juga  Sinopsis Drama Korea 'THE PLAYER 2: MASTER OF SWINDLERS'

Kantong plastik ditemukan di Palung Mariana

Penjelajah lain yang menuju Palung Mariana adalah Victor Vescovo, seorang investor Texas yang melakukan perjalanan sedalam 10.927 meter dan memecahkan rekor dunia pada tahun 2019.

Penjelajahan yang sangat berbahaya

Fakta menarik dari tepat terdalam di lautan Bumi ini, ternyata hanya beberapa penjelajah saja yang telah melakukan perjalanan ke titik terdalam Palung Mariana, Challenger Deep, tetapi ekspedisi tersebut tidak umum dan sangat berbahaya

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), untuk setiap 10 meter yang dilalui di bawah permukaan laut, tekanan pada suatu objek meningkat satu atmosfer.

Sehingga perjalanan ke Challanger Deep dapat menempatkan kapal selam di bawah tekanan yang setara dengan 50 jet jumbo.

Terletak di zona hadal

Sama seperti di atmosfer Bumi, lautan dapat digambarkan dalam bentuk lapisan. Bagian paling atas disebut zona epipelagik, atau zona sinar matahari, dan memanjang hanya 200 meter di bawah permukaan air, menurut NOAA.

Zona mesopelagik, atau yang disebut zona senja, membentang dari ujung zona sinar matahari hingga sekitar 1.000 meter.

Baca Juga  Drama "Behind Your Touch" yang Dibintangi Suho EXO Raih Rating Tertinggi

Lalu ada zona batipelagik, juga disebut zona tengah malam, dan, di bawahnya, zona abyssopelagic atau abyssal yang memanjang dari 4.000 meter hingga 6.000 meter.

Di dalam zona abyssal, hanya sedikit bentuk kehidupan yang dapat bertahan, air sama sekali tanpa cahaya, dan suhu mendekati titik beku.

Akan tetapi, fakta menarik dari tempat terdalam di Bumi, Challenger Deep terletak lebih jauh lagi tepatnya di zona hadalpelagic, atau zona hadal. Nama zona itu terinspirasi Hades, dewa Yunani dari dunia bawah yang dianggap menguasai orang mati.

Kehidupan akuatik yang unik

Zona hadal adalah salah satu habitat yang paling sedikit dieksplorasi di Bumi. Pada kedalaman yang dianggap tidak akan ada yang bertahan di sana ternyata ada kehidupan yang unik.

Pada tahun 2005, organisme bersel tunggal kecil yang disebut foraminifera, sejenis plankton, ditemukan di Challenger Deep.

Penemuan di Challenger Deep termasuk singkapan bebatuan berwarna-warni dan teripang yang tinggal di dasar laut. Serangkaian gunung lumpur bawah laut dan lubang hidrotermal di Palung Mariana juga mendukung bentuk kehidupan yang tidak biasa.

Baca Juga  Daftar Zona Merah Covid-19 Omicron Jakarta, Simak!

Meskipun air sangat asam dan sangat panas yang dihasilkan oleh lubang hidrotermal di gunung lumpur, spesies eksotis dan organisme mikroskopis di sana mampu bertahan hidup.

Dengan tidak adanya sinar matahari, makhluk-makhluk itu malah mendapat manfaat dari air kaya nutrisi yang keluar dari lubang hidrotermal. Sementara media pendukung kehidupan dihasilkan dari reaksi kimia antara air laut dan magma yang naik dari bawah dasar laut.

WhatsApp chat