Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Escargot, Bekicot Ala Prancis yang Menjadi Hidangan Berkelas

Bagi masyarakat Indonesia, bekicot atau siput darat mungkin hanya hewan melata menjijikkan yang sering dijumpai di area kebun, parit atau persawahan.

Namun, bagi masyarakat Eropa terutama Prancis, bekicot justru diolah menjadi hidangan mewah dan berkelas yang biasa disebut dengan Escargot.

Salah satu menu andalan paling favorit di Prancis adalah Classic French Escargot. Daging bekicot atau Escargot yang sudah dibersihkan tersebut diolah dengan campuran saos yang terdiri dari dari bawang putih, peterseli, mentega, kaldu ayam atau anggur dan disajikan lengkap dengan cangkangnya.

Selain itu, escargot ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan mulai dari sop, campuran kue atau roti, risotto, dan lain sebagainya. Daging escargot ini kaya akan kandungan asam amino esensial, protein, vitamin dan mineral.

Mineral yang terkandung dalam bekicot antara lain kalsium, kalium, fosfor, natrium, zat besi, magnesium. Sementara kandungan vitamin pada bekicot meliputi vitamin A, vitamin B1 , vitamin B2 , vitamin B3 , vitamin B6 , vitamin C, dan vitamin E.

Baca Juga  Cara Membuat Donat Empuk

Menariknya, escargot bisa juga bisa dijadikan panganan diet karena tergolong rendah lemak tetapi tinggi protein. Itu sebabnya, makan olahan bekicot dipercaya bisa membantu merasa kenyang lebih lama.

Meski memiliki banyak manfaat ternyata nggak semua bekicot atau siput bisa dikonsumsi loh Genhype. Ternyata tidak semua bekicot bisa dikonsumsi loh biasanya yang digunakan untuk escargot adalah jenis Helix pomatia, Cornu aspersa, Helix lucorum, dan Elona quimperiana.

Sementara bekicot yang ada di Indonesia adalah jenis Achatina fulica. Tapi menurut beberapa sumber, Prancis kerap mengimpor bekicot dari beberapa negara termasuk Indonesia.

WhatsApp chat