Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Cegah Wastafel Stainless Steelmu Berkarat

Bak cuci piring atau wastafel berbahan stainless steel terbilang cukup tahan terhadap karat. Stainless steel adalah material yang tahan korosi karena mengandung kromium dalam jumlah tinggi. Namun, tetap bisa mengembangkan karat jika ada peralatan dapur logam yang basah yang ditinggalkan di atasnya.

Ada dua material peralatan dapur yang menjadi penyebab utama wastafel stainless steel mengembangkan bintik-bintik karat, yakni besi cor dan kaleng kemasan makanan. Meski demikian, cara menghilangkan karat dari wastafel stainless steel cukup mudah, salah satunya menggunakan pasta baking soda. Namun, langkah pencegahan lebih baik daripada mengatasinya. Berikut cara mencegah wastafel stainless steel agar tidak berkarat.

Selalu bilas setelah digunakan

Langkah pertama mencegah wastafel stainless steel berkarat adalah membilas seluruh permukaan setiap kali selesai digunakan.

Lakukan pembersihan mendalam seminggu sekali

Setelah itu, lakukan pembersihan mendalam seminggu sekali. Selama pembersihan, hindari menggunakan pembersih yang mengandung klorida, termasuk pemutih, karena bisa menimbulkan karat. Untuk menjaga wastafel stainless steel tetap bersih dan bebas karat, bersihkan menggunakan sabun cuci piring biasa dan air.

Baca Juga  Elok Tapi Mematikan, Ini 5 Tanaman yang Sebaiknya Tidak Anda Tanam di Rumah

Gunakan penggosok non-abrasif dan air hangat

Selama pembersihan rutin dan mingguan, gunakan kain lap atau bagian halus pada spons saat menggosok atau mengeringkan bak cuci piring.

Jangan pakai sabut baja, sikat kawat, atau bagian spons yang abrasif karena dapat merusak stainless steel. Lebih lanjut, dilansir Hunker, sabut baja dapat merusak lapisan pelindung yang membantu mencegah karat dan meninggalkan partikel logam kecil. Partikel-partikel ini bisa terperangkap dalam goresan bak cuci piring dan menyebabkan bintik-bintik berkarat. Setelah seluruh permukaan wastafel dibersihkan, bilas dengan air hangat.

Jangan tinggalkan peralatan besi cor dan baja

Terkadang, beberapa orang tidak segera mencuci peralatan dapur setelah digunakan dan meninggalkannya di wastafel. Akan tetapi, untuk peralatan dapur berbahan besi cor dan baja, sebaiknya segera mencuci dan mengeringkannya. Sebab, jika dibiarkan berlama-lama di wastafel stainless steel, peralatan besi cor dapat menyebabkan karat dan noda pada permukaan wastafel.

WhatsApp chat