Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Cara Membuat Dalgona Coffee, Perhatikan Jenis Kopi yang Digunakan Agar Bisa Mengembang Sempurna

Dalgona coffee mendadak viral di media sosial. Hal ini lantaran dalgona coffee terkenal di tengah wabah virus corona. Cara membuat dalgona coffee pun cukup beragam.

Namun, ada hal yang patut diperhatikan dalam memilih jenis kopi untuk membuat dalgona coffee. Dalgona coffee adalah kreasi kopi yang berbentuk seperti whip cream dan di bawahnya diberi susu putih serta es batu. Untuk dapat menikmati kopi yang videonya viral di tengah pandemi Covid-19 itu, harus diaduk atau dikocok sebanyak 400 kali.

Jenis kopi untuk dalgona coffee

Berbekal kopi instan, gula pasir, dan susu bisa membuat kopi dalgona di rumah. Namun kembali lagi, kopinya harus dikocok sebanyak 400 kali.

Cara yang ditunjukkan melalui video YouTube terlihat sangat mudah. Tampak orang mengaduknya dengan santai dan tiba-tiba kopi hitam pekat berubah warna menjadi coklat dan bertekstur seperti whip cream. Namun, ‘tidak semudah itu ferguso’, banyak cara sudah saya lakukan. Pertama mengocoknya dengan garpu karena berbekal informasi dari YouTube bahwa ada orang yang mengocoknya dengan alat makan tersebut. Lalu karena tidak kunjung mengembang menjadi foam, saya pun mengaduknya menggunakan whisk secara manual.

Baca Juga  Kisah Orang-Orang Percaya yang Poligami Mampu Membangun Hubungan Pasangan

Saya sudah mengaduk dengan tenaga ekstra tapi hasilnya sama saja, tidak mengembang. Rasa penasaran saya memuncak, akhirnya saya menggunakan mixer, usaha itu cukup membuahkan hasil. Kopinya tetap berbentuk cair dan tidak mengembang seperti foam dan warnanya pun tidak coklat tetapi masih hitam pekat.

Setelah mencari informasi mengenai faktor yang membuat saya gagal, ternyata ada satu hal yang memengaruhinya. Saya menggunakan kopi instan yang sudah tercampur dengan gula. Kalau di tengah masyarakat sebutan yang familiar adalah kopi 3 in 1.

Kopi instan yang sudah tercampur gula dan cream. Hal itu sangat berpengaruh besar dalam proses pembuatan dalgona coffee. Menurut Sivaraja, pemilik dari Amstirdam Coffee Malang sekaligus WBC & WLAC Certified Technical Judge 2019-2021 mengatakan bahwa butuh instant coffee yang lebih menyerap air.

Sangat penting dalam membuat dalgona coffee menggunakan kopi instant murni atau classic tanpa campuran gula maupun cream. Kopinya bisa apa saja, bisa kopi instan dari biji kopi arabika atau robusta. Akhirnya saya pun mengikuti saran tersebut dan berhasil membuat dalgona coffee. Kopi yang saya gunakan merk Nescafe classic tanpa campuran gula.

Baca Juga  Bisa Mencerahkan, Begini Cara Kerja dan Manfaat Zinc bagi Kecantikan Kulit

Setelah itu saya campurkan gula pasir dan air mendidih. Resep yang terkenal ialah menggunakan 2 sendok makan kopi instan, 2 sendok makan gula, dan 2 sendok makan air mendidih.

Kamu tidak perlu berpatokan dengan resep di atas. Jika berpatokan dengan resep di atas, foam kopi akan memiliki rasa pahit. Bagi kamu pencinta kopi manis jangan ragu untuk menambahkan gula. Jangan takut gagal, banyak sedikitnya gula tidak memengaruhi hasil akhir dari dalgona coffee.

Namun pastikan, gula yang kamu pakai adalah gula pasir atau gula kristal. Untuk mengaduknya pun tidak usah sampai 400 kali dengan garpu atau whisk secara manual. Jika pemilihan kopinya sudah benar dan takarannya pas kamu hanya perlu mengocoknya dengan mixer. Tinggal mengaduknya selama 3 menit kamu akan mendapatkan tekstur dalgona coffee yang foamy dan padat.

Jika sudah memiliki tekstur seperti whip cream maka kamu bisa menuangkannya ke dalam gelas. Pertama taruh es batu secukupnya, masukan susu putih full cream atau fresh milk, lalu taruh foam kopi di atas susu. Setelah itu kamu bisa menikmatinya dan cita rasanya tidak berbeda jauh dengan kopi susu yang terbuat dari kopi instan.

Baca Juga  Panas! Eropa Rusuh Lagi, Bakar-bakaran di Brussels

Namun sensasi baru dalam menyantap kopi akan kamu temukan di sini. Saat foam masuk kedalam mulut rasanya seperti memakan whip cream yang sangat padat. Rasanya seperti kopi, pahit dan manis bercampur menjadi satu. Lalu rasa itu bercampur dengan susu segar, yang menambah cita rasa creamy ringan.

WhatsApp chat