Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Cara Ini Dapat Menjadikan Tidur Sebentar Tapi Berkualitas

Kualitas tidur dapat meningkat dengan melakukan perubahan kebiasaan seperti rajin berolahraga dan menciptakan suasana tidur yang nyaman. Mendapatkan waktu tidur yang cukup sangat penting sehingga terhindar dari penyakit yang berbahaya, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari CDC, ada beberapa cara agar tidur sebentar tapi berkualitas yang bisa dicoba.

  1. Melakukan olahraga ringan agar darah dapat mengalir ke otak dan membuat tubuh lebih berenergi, serta lebih mengantuk di malam hari
  2. Menghindari paparan cahaya biru atau blue light yang dapat mengganggu jam biologis tubuh dan produksi melatonin sehingga jadi lebih sulit merasa mengantuk
  3. Menghindari gangguan ketika tidur, seperti dari peralatan elektronik, karena dapat menurunkan kualitas tidur
  4. Membuat suasana tidur yang nyaman, seperti dengan mematikan lampu dan menyalakan pendingin ruangan
  5. Menghindari makan malam dengan porsi besar dan minum minuman yang mengandung kafein atau alkohol sebelum tidur karena dapat menurunkan kualitas tidur
  6. Menghindari makan malam dengan porsi besar dan minum minuman yang mengandung kafein atau alkohol sebelum tidur karena dapat menurunkan kualitas tidur
Baca Juga  Suka Ngemil Beras Mentah, Wajar Atau Nggak?

Namun tidur kurang dari tujuh jam setiap malam akan berdampak negatif untuk kesehatan sehingga tidak dianjurkan untuk dilakukan secara terus-menerus.

Mendapatkan waktu tidur yang cukup sangat penting untuk mendukung kesehatan secara umum. Beberapa orang akan merasa lebih segar dengan tidur kurang dari tujuh jam. Namun, kebiasaan ini akan memberikan dampak yang berbahaya untuk kesehatan, baik secara fisik dan mental.

Risiko penyakit yang lebih serius akan meningkat sebagai efek kurang tidur, seperti depresi, obesitas, hipertensi, kecemasan, diabetes, gangguan apnea tidur, stroke, psikosis, dan penyakit kardiovaskular.

Kurang tidur dalam satu atau dua hari merupakan kondisi yang wajar. Namun, Anda perlu melakukan perubahan kebiasaan sehingga bisa mendapatkan tidur yang cukup setiap malam.

Anda perlu segera mencari bantuan medis ketika mengalami gangguan tidur tertentu dan bertambah serius karena bisa jadi merupakan gejala dari penyakit tertentu.

Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan sehingga penyebab sulit tidur dapat diketahui dan Anda bisa mendapatkan perawatan serta pengobatan yang tepat.

Baca Juga  Terungkap! Ini Sosok yang Disebut Jokowi Tolak PPKM Level 3
WhatsApp chat