Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Cara Cegah Gaji Habis di Awal Bulan

Cara Cegah Gaji Habis di Awal Bulan

Pernahkah Anda merasa bahwa gaji yang Anda peroleh seperti ‘numpang lewat’ saja di rekening? Setelah menerima gaji di awal bulan, tentunya setiap orang berharap jika penghasilannya tersebut akan cukup hingga akhir bulan. Sayangnya harapan ini sering kali pupus di tengah jalan.

Setelah membayar sejumlah tagihan seperti telepon, listrik, air, kartu kredit, berbagai cicilan, serta kebutuhan lain, kita kerap mendapati kenyataan bahwa penghasilan yang diperoleh ternyata masih belum cukup. Jangan dulu menyalahkan besarnya penghasilan yang Anda peroleh. Sering kali, manajemen keuangan yang kurang tepat adalah penyebab keuangan akhir bulan terasa begitu menyesakkan. Untuk itu, perhatikan empat tips manajemen keuangan ini agar gaji Anda dapat memenuhi kebutuhan hingga akhir bulan.

1. Segera Amankan Gaji dengan Menabung

Setelah menerima gaji, biasanya orang langsung membeli berbagai hal yang diinginkan. Padahal jika Anda ingin berhemat, yang harus dilakukan adalah langsung menyisihkan gaji untuk ditabung. Segera setelah menerima gaji, sisihkan pendapatan untuk disimpan, investasi, dan juga dana darurat. Jadi, sebelum Anda “lapar mata” saat pergi ke mal atau supermarket, pindahkan dulu sebagian gaji ke rekening lain. Dengan manajemen keuangan seperti ini, Anda tidak akan tiba-tiba membeli suatu barang yang tidak perlu.

Baca Juga  7 Tips Ampuh Meredam Emosi Setelah Dimarahi Bos

2. Buat Skala Prioritas

Membuat skala prioritas adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Pisahkan kebutuhan Anda dimulai dari yang mendesak hingga yang dapat ditunda pembeliannya. Jika benda tersebut sangat Anda butuhkan, maka tidak salah untuk membelinya saat ini. Namun, jika tidak begitu perlu, Anda dapat mengundurnya hingga benar-benar dibutuhkan.  Manajemen keuangan seperti ini mampu mengontrol dan memonitor pengeluaran Anda setiap bulannya.

3. Membuat catatan pengeluaran harian

Bingung mengapa jumlah simpanan Anda di rekening semakin menipis? Kini, saatnya Anda mulai mencatat jumlah dana yang dikeluarkan setiap harinya, sekecil apa pun. Cara ini terbukti dapat membuat Anda lebih hati-hati dalam menggunakan uang di kemudian hari dan menghindari membeli barang yang tidak perlu.

Baik di fitur catatan pada ponsel maupun catatan saku, daftarkan jumlah pengeluaran Anda hari ini. Beri juga keterangan untuk apa dana tersebut digunakan dan beri keterangan waktu dan tempat sebagai pengingat. Jika perlu, sisipkan receipt atau struk atas pengeluaran tersebut agar lebih jelas. Dengan begini manajemen keuangan Anda akan terasa lebih mudah.

Baca Juga  Uang Pecahan Baru diluncurkan, Ini Penampakan dan Cara Menukarkannya

4. Membawa uang tunai dalam dompet secukupnya

Membawa uang tunai dapat mempermudah Anda untuk bertransaksi di berbagai tempat, sebab uang tunai adalah cara pembayaran yang paling mudah dilakukan. Baik di toko kecil maupun besar, Anda dapat melakukan transaksi. Sehingga, pengeluaran menjadi tidak terkontrol dan penghasilan Anda tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan di pertengahan bulan. Untuk itu, pastikan Anda membawa uang tunai secukupnya di dalam dompet agar pengeluaran yang tidak diinginkan dapat dihindari.

WhatsApp chat