Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Buah yang satu ini bikin heboh! hasilkan puluhan juta per bulan

Kali ini saya mau ngebahas sedikit banyak tentang salah satu buah khas dataran tinggi dieng. Namanya adalah buah Carica. Waw cantik yah namanya?doi memang cantik gan,sesuai nama dan khasiatnya. Bahkan yah,baru-baru ini ada lho salah seorang ibu dari wonosobo jawa tengah!. Ibu ini bahkan bisa menghasilkan omzet hingga puluhan juta rupiah hanya dalam sebulan. Si ibu mengolah buah carica ini menjadi olahan yang tidak pernah terpikirkan seblumnya oleh banyak orang sebayanya .yap ibu satu ini mengolah buah carica menjadi olahan kue kering waw mantep kan! Nah biar kamu tidak semakin penasaran yuk kita intip apa saja sih keunikan dan ciri utama dari buah carica ini?

Yang pertama

Usut punya usut ternyata buah carica masih termasuk ke dalam keluarga pepaya Namun anehnya carica memiliki bentuk yang berbeda dari buah pepaya biasa gan, Apa sebab? yap karena doi memiliki bentuk lebih kecil dan bergelombang.

Yang kedua

Kamu bisa coba datang ke dataran tinggi Dieng, disana ada banyak lahan masyarakat yang ditanami sama ini buah gan Dan biasanya mereka menanamnya di pinggiran lahan. Anehnya nih jika kamu mendekat pasti akan kaget. Karena buah yang kita kira adalah pepaya namun memiliki buah yang lebih kecil dan unik.

Baca Juga  Ini Lho 4 Cara Menghadapi Teman Yang Muka Nya ada Dua

Disana ada stigma bahwasanya Masyarakat percaya jika tanaman ini hanya dapat tumbuh di Dataran Tinggi Dieng. Memang sih banyak masyarakat mencoba untuk menanam carica di tempat lain, namun pepaya yang keluar bukan carica.waduh

Yang ketiga

Buah carica ini gansist,biasaya diolah menjadi manisan carica (carica in syrup), dodol carica, keripik carica, selai carica, sirup dan sebagainya. Produk dari olahan carica ini menjadi ikon khas utama Kota Wonosobo. Tidak sedikit dari mereka yang ketagihan karena rasa buah carica begitu nikmat. Apalagi jika dicampur dengan es maka akan menghasilkan cita rasa yang belum pernah deh agan dan sista temuin pada minuman lainnya. Nah Selain rasanya yang nikmat ternyata buah ini mengandung banyak nutrisi yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh.

Yang keempat

Manfaat buah carica yang lainya adalah untuk melancarkan proses pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada carica berguna untuk membantu proses pencernaan. Terutama bagi kamu yang memiliki masalah terhadap proses pembuangan (BAB). Carica mengandung enzim papain yang berguna untuk menetralkan pH dan juga membunuh bakteri jahat dalam usus.

Baca Juga  Anak Sakit Paru-paru, Larissa Chou Geram Alvin Faiz Cuek Tak Mau Jenguk

Vitamin A dalam buah carica baik bagi kesehatan mata trntunya. Manfaat buah carica yang satu ini banyak dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki masalah dengan penglihatannya. Carica juga mengandung Vitamin C dan E yang sangat baik untuk kesehatan kulit kamu sekalian.

Kandungan pada buah carica tersebut dapat menangkal radikal bebas dan sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari. Selain itu kandungan tersebut dapat mencegah kerutan pada kulit. Juga menjaga kelembapan dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Vitamin B kompleks buah carica dapat membantu proses metabolisme tubuh yang biasa diproses menjadi energi. Zat agrinin dalam buah carica dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada manusia.mancapp!!.

Fakta Menarik tentang buah carica

Tahun 2014 salah satu mahasiswa UNY melakukan penelitian di Australia. Tentang sari buah carica yang ternyata mengandung zat agrinin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Doi masih termasuk dalam buah pepaya. Spesifikasi dari tumbuhan hampir mirip hingga getah dari buahnya hampir sama persis.

Nah untuk daging buahnya ya, Kamu juga bisa langsung dimakan segar. Malahan biasanya yah buah ini dijual kepada wisatawan, digunakan untuk konsumsi setempat, dan dikalengkan. Di Amerika Selatan yah , buah ini dijadikan minuman ringan non alkohol dan dijadikan selai.

Baca Juga  3 Zodiak Perempuan Berparas Cuek, tapi Sebenarnya Penyayang Banget

Nah kalo untuk buah yang masih muda, biasanya do i dikeringkan terlebih dahuli untuk dijadikan serbuk bahan pembuatan obat penyakit kulit atau kosmetik.Bahkan yah buah carica ini banyak digunakan oleh beberapa salon kecantikan di Wonosobo. Boleh deh kamu tengok nanti heheh.

Selain dagingnya, Daunnya ternyata dapat digunakan sebagai pelunak daging! kalo ini mah yaa mirip daun pepaya juga yang ibu saya sering pake buat rebusan.karena mengandung zat papain.

Selain itu, zat papain digunakan dalam berbagai industri makanan dan farmasi.

Konon,Didaerah Dieng buah pepaya gunung ini masih merupakan konsumsi lokal dan dibuat minuman awetan dalam kaleng namun masih dalam jumlah terbatas juga.

WhatsApp chat