Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Bisnis Ikan Louhan

Jenis ikan louhan lokal merupakan salah satu primadona sebagai ikan hias untuk mengisi akuarium. Ciri khas dari ikan louhan ini adalah adanya benjolan yang besar di kepalanya yang disebut juga dengan jenong. Sebagian orang percaya bahwa memiliki ikan louhan akan membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Ikan louhan juga sering disebut dengan flowerhorn, hal ini karena warna sisik di tubuhnya yang menyerupai bunga berwarna cerah dan menarik. Warna sisik tersebut akan berubah warna seiring dengan kehidupannya hingga ikan menjadi dewasa sepenuhnya.

Jenis ikan louhan lokal tidak kalah cantik dengan ikan louhan jenis impor. Setidaknya, ada 5 jenis ikan louhan lokal di Indonesia. Budidaya ikan louhan ini semakin banyak diminati dengan harganya yang bisa melambung tinggi.

Ikan Louhan Cencu

Jenis ikan louhan lokal yang pertama adalah Ikan Louhan Cencu. Ikan Louhan Cencu ini memiliki pola bintik pada tubuh yang cenderung berwarna merah muda. Karena itulah jenis ikan louhan lokal satu ini sering dijuluki Ikan Louhan Mutiara.

Baca Juga  Pentingg !! Ini Tujuan Sewa Iklan Untuk Usaha Kamu

Ciri-ciri lainnya adalah mempunyai dua warna di tubuhnya, yaitu merah dan emas. Dari bagian kepala hingga bagian tengah tubuhnya berwarna merah, sedangkan bagian tengah tubuhnya hingga ekor berwarna kuning keemasan.

Keunikan dari ikan louhan cencu inilah yang membuatnya banyak dicari dan memiliki harga lumayan murah di pasaran. Budidaya ikan louhan cencu di Indonesia sangat pesat karena memiliki warna yang cantik dan harga yang terjangkau di kantong masyarakat. Untuk harga jenis ikan louhan lokal satu ini dibandrol sekitar Rp 200.000 per ekor untuk ukuran anakan. Sedangkan untuk yang dewasa bisa mencapai Rp 750.000 per ekor.

Ikan Louhan Bonsai
Berikutnya, ada Ikan Louhan Bonsai. Seperti namanya, jenis ikan louhan satu ini memilik bentuk tubuh Bonsai, artinya walaupun ikan louhan ini sudah dewasa tubuhnya tidak akan bisa tumbuh besar.

Hal ini disebabkan kerena ikan louhan bonsai memiliki kelainan genetik yang tidak dimiliki jenis ikan louhan lainnya. Ciri khas dari ikan louhan bonsai adalah memiliki jenong besar dengan warna berbagai macam, seperti: merah, silver, kuning, hijau, dan putih.

Baca Juga  3 alasan kenapa Anda harus mencoba bisnis sampingan, diantaranya:

Untuk harga jenis ikan louhan lokal satu ini lumayan mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Harga ikan louhan bonsai anakan bisa dijual seharga 250.000 per ekor. Sedangkan dewasa mencapai Rp 800.000 per ekornya.

Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

SRD merupakan nama singkatan untuk jenis ikan louhan lokal ini, sedangkan nama aslinya adalah ikan louhan super red dragon. Jenis ikan louhan lokal ini sekarang sedang banyak dicari karena memiliki warna yang cantik dan bentuk jenong yang unik.

Jenong dari ikan louhan SRD paling besar dari ikan louhan pada umunya. Ciri khas dari ikan louhan SRD adalah memiliki dua bagian warna tubuh yang berbeda. Untuk jenong dan kepala ikan louhan jenis ini berwarna merah tua, sedangkan bagian tengah tubuh hingga ekor berwarna merah muda dan cenderung silver.

Harga jenis ikan louhan lokal satu ini berkisar Rp 400.000 untuk ukuran anakannya. Sedangkan untuk yang dewasa bisa mencapai Rp 3.000.000 per ekor.

Sumber

WhatsApp chat