Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Berhenti Merokok Tanpa Menaikkan Berat Badan

Berhenti merokok adalah keputusan yang sangat tepat untuk meningkatkan kesehatan, namun tidak sedikit yang menemukan kendala dalam upayanya. Salah satu yang kerap menjadi masalah dalam proses berhenti merokok adalah berat badan yang bertambah. Bahkan, beberapa orang memilih untuk mengurungkan niatnya berhenti merokok karena alasan menghindari obesitas.

Berikut adalah beberapa tips berhenti merokok tanpa menaikkan berat badan.

Makan teratur dan konsumsi camilan sehat

Nikotin menyebabkan lonjakan gula berlebih. Ini mengelabui tubuh kita karena mengira tubuh mendapat asupan makan. Saat berhenti merokok, perut terasa lebih lapar dari sebelumnya. Jadi pertahankan agar tetap kenyang dengan cara yang sehat.

Saat makan, pilihlah sayuran, buahan dan makanan lain yang mengandung serat yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Jalan kaki atau olahraga minimal 30 menit setiap hari

Nikotin meningkatkan laju metabolisme tubuh untuk sementara. Setelah berhenti merokok, laju metabolisme akan kembali normal. Memulai atau mempertahankan jadwal olahraga rutin sangat penting sebagai bagian dari proses berhenti merokok.

Baca Juga  Efek Buruk Blue Light Pada Kesehatan Mata

Mulailah kebiasaan baru setelah makan

Kita perlu membuat sinyal baru yang memberi tahu tubuh bahwa proses makan sudah berhenti tanpa nikotin. Cobalah berjalan-jalan disekitar rumah, meditasi selama lima menit atau menyikat gigi sebagai pengganti kebiasaan merokok setelah makan.

Buat mulut tetap sibuk

Mantan perokok sering mengatakan bahwa mereka ingin melakukan sesuatu dengan mulut dan tangan mereka. Setelah berhenti merokok, kebutuhan akan hal tersebut dapat tergantikan dengan makanan, jadi pastikan untuk mendapatkan makanan yang sehat.

Fokus pada manfaatnya

Perlu diingat bahwa meskipun berat badan cenderung bertambah sedikit saat berhenti merokok, mungkin jumlahnya tidak sebanyak yang kita takuti. Kebanyakan orang mendapat tambahan berat badan sekitar 0,9 kg selama beberapa minggu pertama setelah berhenti.

Alhasil beberapa orang mengira tubuhnya akan semakin gemuk sehingga memilih kembali merokok untuk menghindari obesitas.

Namun, jika mempertimbangkan manfaat dari gaya hidup bebas rokok, penambahan berat badan yang sedikit itu mungkin tidak terlalu berarti.

WhatsApp chat