Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Berapa Kalori yang Harus Dibakar Untuk Menurunkan 1kg Berat Badan?

Hitung-hitungan soal kalori dan berat badan sebenarnya tidak sama untuk semua orang. Sebab, proses pembakaran dan metabolisme tubuh tiap orang berbeda-beda.
Namun secara umum, 1 pound lemak diperkirakan mengandung 3.500 kalori. Jadi, jika 1 kg berat badan = 2,2 pound, maka untuk menurunkan berat badan 1 kg, kita diperkirakan perlu membakar sekitar 7.700 kalori.
Sehingga, apabila kamu mengurangi 500-1.000 kalori per hari, maka kamu akan bisa menurunkan 1 kg berat badan dalam waktu 1 minggu.
Jika rutin dilakukan, maka dalam waktu 1 bulan kamu bisa saja menurunkan berat badan hingga 4 kg atau bahkan lebih.
Meski begitu, perlu diingat bahwa berat badan manusia tidak hanya terdiri dari lemak, tapi juga otot, air, dan jaringan-jaringan lain di tubuh.

Berolahraga

Olahraga adalah cara membakar kalori yang paling baik untuk tubuh. Jenis olahraga yang dinilai paling efektif untuk mencapai tujuan ini adalah latihan kardio dan latihan beban. Latihan kardio bisa dilakukan dengan jogging, berenang, bersepeda, hingga senam aerobik.

Mengonsumsi teh hijau

Teh hijau adalah salah satu sumber kafein yang sehat. Kafein adalah zat yang bersifat stimulan, sehingga bisa memicu pembakaran lebih banyak kalori di tubuh.

Baca Juga  5 Jenis Pakaian yang Perlu Disiapkan saat Musim Hujan

Makan dengan porsi lebih kecil tapi lebih sering

Proses pencernaan makanan juga membutuhkan kalori agar bisa berjalan. Oleh karena itu, makan dalam porsi lebih kecil namun lebih sering, dianggap bisa membantu menurunkan berat badan.

Selalu sarapan

Ungkapan bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari mungkin ada benarnya, terutama untuk yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Orang yang tidak sarapan sudah lama terbukti cenderung memiliki berat badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang rajin sarapan.

WhatsApp chat