Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Benarkah Olahraga di Cuaca Panas Bakar Kalori Lebih Banyak?

Saat berolahraga, sistem kardiovaskular akan bekerja untuk mendinginkan dan mempertahankan suhu tubuh yang stabil. Namun apabila kita berolahraga ketika cuaca panas, sistem kardiovaskular bekerja lebih keras.
Upaya mendinginkan suhu tubuh di cuaca panas kemungkinan menyebabkan pengeluaran energi yang lebih tinggi. Tanpa cuaca panas, kita bisa mencapai hasil latihan yang lebih baik dan membakar lebih banyak kalori karena durasi latihan yang lebih lama.

Risiko kesehatan atau tingkat stres pada tubuh juga cenderung lebih sedikit dibandingkan saat kita berolahraga dalam cuaca panas.

Pertanyaannya, apakah berolahraga di cuaca panas dapat membakar lebih banyak kalori?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tubuh kita bekerja lebih keras dalam cuaca panas untuk mendinginkan suhu selama berolahraga. Itu berarti, kita bisa membakar kalori lebih banyak. Tetapi menurut fisioterapis olahraga Helen O’Leary, kalori ekstra yang terbakar hanya berdampak kecil pada penurunan berat badan.

“Selama berolahraga, suhu tubuh kita meningkat untuk mendukung tuntutan fisik. Tubuh kemudian mengatur suhu dengan berkeringat sehingga panas bisa hilang ke udara,” kata dia.

Baca Juga  Manfaat Bunga Marigold selain Mempercantik Pekarangan Rumah

“Jika ditambah iklim yang panas, tubuh kita harus bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu.”

Pada dasarnya tubuh manusia mampu beradaptasi dengan lingkungan yang lebih panas, sehingga berolahraga dalam cuaca panas tidak terlalu berat. Seperti dilaporkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), paparan ke lingkungan yang panas secara rutin dapat meningkatkan efisiensi keringat dan aliran darah kulit.

Hal itu membuat tubuh kita menjadi lebih mudah dalam mengatur suhu tubuh. Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine menemukan, individu yang berlatih di lingkungan yang lebih panas selama 14 hari mengalami peningkatan dalam adaptasi fisiologis.

“Kita luar biasa cepat dalam beradaptasi sehingga jika kita rutin menggunakan teknik latihan dengan cuaca panas, kita akan menyesuaikan diri,” tutur O’Leary.

“Oleh karena itu, tubuh tidak akan bekerja terlalu keras dan membutuhkan lebih sedikit kalori untuk mendinginkan suhu tubuh.”

Berolahraga di cuaca panas akan membuat tubuh stres. Jenis latihan, suhu udara dan kelembapan dapat meningkatkan suhu inti tubuh, dan tubuh perlu bekerja keras untuk menghilangkan panas tambahan ini.

Baca Juga  Ada Tujuh Jenis Kanker yang Bisa Ditekan Olahraga

“Selama berolahraga, tantangan utama sistem kardiovaskular adalah menyediakan aliran darah yang memadai ke kulit untuk pengaturan suhu yang efektif, dan aliran darah ke otot guna mendukung metabolisme,” kata O’Leary.

Ketika cuaca panas, tubuh akan mengirimkan lebih banyak darah untuk diedarkan melalui kulit. Namun darah di otot menjadi lebih sedikit. Sejumlah ahli berpendapat, kondisi tersebut dapat meningkatkan metabolisme anaerobik, di mana tubuh mengubah glukosa menjadi laktat. Alhasil, kita bisa membakar lemak yang tersimpan daripada menggunakan oksigen untuk memeroleh energi.

WhatsApp chat