Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Beberapa Buah Yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung Saat Berbuka Puasa

Di saat berpuasa seperti sekarang ini, penderita asam lambung atau mag tentunya perlu memilih menu buka puasa dengan cerdas dan cermat. Memilih menu berbuka puasa yang salah justru membuat magmu nantinya kumat.

Beberapa menu makanan yang wajib dihindari antara lain gorengan, berlemak, dan yang bersifat asam. Sedangkan, untuk salah satu menu yang aman untuk dikonsumsi saat berbuka puasa adalah buah-buahan.

OLeh karena itu, jika kamu termasuk penderita asam lambung, buah-buahan yang aman dikonsumsi saat berbuka puasa rasanya wajib untuk diketahui. Hal ini demi menjaga kesehatan lambungmu juga.

Nah, tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak beberapa buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung saat berbuka puasa : 

Pepaya
Buah pertama yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung saat berbuka puasa adalah pepaya. Hal yang membuat buah ini aman bagi penderita mag adalah enzim papain yang terkandung dalam pepaya.

Enzim tersebut bermanfaat untuk menyehatkan pencernanaan. Tidak hanya itu, enzim tersebut pun membantu tubuh untuk menyerap protein dengan mudah. Sifat inilah yang dapat mencegah naiknya asam lambung.

Baca Juga  Kebiasaan yang dapat menjadi penyebab maag

Selain enzim papain yang Bob sebutkan tadi, pepaya terkenal akan kaya serat dan kadar airnya. Keduanya sendiri berkhasiat untuk mencegah sembelit dan mengganti kebutuhan air yang hilang selama puasa.

Apel
Buah berikutnya yang aman dikonsumsi bagi penderita mag saat berbuka puasa adalah apel. Buah satu ini termasuk buah yang mudah sekali kamu temukan di pasar tradisional ataupun minimarket terdekat.

Apel sendiri merupakan salah satu buah yang menjadi sumber kalsium, magnesium, dan kalium yang baik. Beberapa kandungan ini yang membantumu dalam meredakan gejala refluks asam.

Oleh karenanya, saat mengonsumsi apel, asam lambung pun akan berkurang dan perut menjadi lebih tenang. Hal yang harus kamu perhatikan adalah pastikan apel yang dimakan benar-benar matang.

Melon
Melon menjadi alternatif buah lainnya yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung saat berbuka puasa. Buah satu ini seringkali hadir sebagai buah yang digunakan untuk membuat es buah.

Kandungan airnya yang hampir mencapai 90 persen dan juga elektrolit seperti kalsium, magnesium, natrium, dan kalsium berguna untuk menghidrasi tubuh dengan cepat tanpa meninggalkan efek samping pada lambung.

Baca Juga  Mengenal Big-Sibling Blues, Begini Cara Mengatasi Kakak Cemburu pada Adiknya

Selain itu, kandungan lainnya seperti vitamin C, vitamin A, potasium. dan lycopene pun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, tubuhmu akan terpelihara kesehatannya.

Pisang
Sama seperti halnya apel dan melon, pisang termasuk salah satu buah yang banyak dijual di pasaran dan aman untuk dikonsumsi bagi kamu yang termasuk penderita asam lambung.

Pisang sendiri dikenal sebagai buah yang mampu meningkatkan stamina tubuh. Padahal, ada manfaat lainnya yang ditawarkan oleh buah berwarna kuning saat matang ini.

Manfaat lain dari pisang adalah menjaga kadar cairan dalam tubuh dan mengatur pergerakan nutrisi dalam tubuh. Tidak hanya itu, pisang pun mampu membantu dalam mencegah dehidrasi dan menurunkan kadar gula darah.

Kelapa
Kelapa menjadi buah selanjutnya yang bisa dikonsumsi oleh penderita mag saat berbuka puasa. Selain segar untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, kelapa pun memiliki manfaat lainnya untuk penderita mag.

Air kelapa muda memiliki banyak mineral dan senyawa yang memiliki manfaat untuk menenangkan sistem percernaan dalam tubuh. Selain itu, air kelapa pun disinyalir mampu menghambat peradangan di lambung.

Baca Juga  Panduan Memilih Warna Kuteks Kuku bagi Pemilik Kulit Sawo Matang

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu memasukkan kelapa ke dalam daftar menu berbuka puasa. Apalagi air kelapa muda pun mampu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang selepas beraktivitas selama seharian.

WhatsApp chat