Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Apa yang Menjadi Penyebab Kita Menguap?

Saat menguap, kita tidak boleh menahannya karena itu berarti tubuh kita memang membutuhkannya. Salah satu teori populer mengatakan bahwa menguap membantu tubuh membawa lebih banyak oksigen, tetapi teori ini sebagian besar telah dibantah.

Dilansir dari Healthline, teori yang paling didukung secara ilmiah tentang mengapa kita menguap adalah pengaturan suhu otak.

Sebuah studi tahun 2014 dalam jurnal Physiology & Behavior mengamati kebiasaan menguap dari 120 orang. Hasilnya, mereka menemukan bahwa menguap lebih jarang terjadi selama cuaca dingin. Jika suhu otak terlalu jauh di luar suhu normal, menghirup udara dapat membantu mendinginkannya.

Jadi, kita menguap ketika mengantuk karena otak melambat, menyebabkan suhunya turun. Ketika kita bosan dan menguap, otak tidak merasa terstimulasi, mulai melambat, dan menyebabkan penurunan suhu.

Alasan lain kita menguap adalah karena tubuh kita ingin bangun. Gerakan ini membantu meregangkan paru-paru dan jaringannya, serta memungkinkan tubuh melenturkan otot dan persendiannya.

Dengan demikian, menguap juga dapat mengalirkan darah ke wajah dan otak untuk meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga  Resep Soto Sumenep yang Gurih Kuahnya Ditambah Sambal Kacang
WhatsApp chat