Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Apa Akibatnya Kalau Kita Tidak Bayar Pajak?

Jika kita tidak bayar pajak, maka Indonesia akan limbung. Kalau kamu tahu, pendapatan terbesar di Indonesia adalah pajak. Ini berarti, segala kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah sebagian besar didanai oleh pajak. Jika kita tidak mau bayar pajak, maka negara dengan terpaksa harus meminjam uang dari negara lain. Berhutang pun memiliki resiko sendiri. Jika Indonesia mampu membayarnya, maka masalah selesai. Jika Indonesia tidak bisa membayarnya, maka masalah akan bertambah panjang.

Indonesia mendapatkan nilai merah dalam urusan hutang belakangan ini. Demi membangun berbagai macam infrastukutur seperti jalan tol, pelabuhan, dan jalan raya yang masif, beberapa BUMN yang ada sampai harus berhutang agar proyek tersebut bisa berjalan. Tidak salah memang, mengingat tingkat hutang yang ditimbulkan masih bisa diatasi. Namun, hutang tersebut minimal bisa kita kurangi jika kita membayar pajak.

Memang, apa akibatnya jika negara tidak bisa membayar hutang? Banyak, DomaiNesian. Jika negara tidak mampu membayar hutang, maka paling ringan akibatnya adalah beberapa aset negara akan dilepas. Contohnya seperti Pakistan yang melepas Gwadar Port gara-gara tidak bisa melunasi hutang ke China.

Baca Juga  Pilih Franchise Untuk Pebisnis Pemula.

Akibat yang lebih besar juga ada, DomaiNesian. Seperti yang dialami oleh Nigeria. Negara di benua Afrika tersebut tidak bisa membayar hutang ke China. Akhirnya, China mengintervensi beberapa kebijakan Nigeria, seperti menggunakan mata uang Yuan sebagai alat pembayaran yang sah. Selain itu, Nigeria juga wajib menggunakan tenaga dari China untuk membangun segala infrastruktur di Nigeria.

Sumber

WhatsApp chat