Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

8 Protokol New Normal yang Harus Diterapkan Oleh Kafe

Kerinduan masyarakat untuk makan di kafe selama masa PSBB akan bisa segera terpenuhi. Tentunya dengan menerapkan protokol new normal untuk kafe.

Setelah hampir empat bulan berada di rumah, kini masyarakat Indonesia bisa mulai menjalankan aktivitasnya kembali di luar rumah, termasuk minum kopi di kafe.

Orang-orang sudah mulai bekerja di kantor dan kafe-kafe pun menerima pelanggan untuk makan di tempat. Akan tetapi, kita sekarang menghadapi situasi yang disebut dengan new normal. Meskipun aktivitas di luar rumah sudah mulai berjalan, ada aturan-aturan baru yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah aturan new normal untuk kafe.

Melalui surat edaran nomor 12 tahun 2020, Kementrian Perdagangan mengatur tentang pemulihan aktivitas perdagangan dan skema new normal untuk kafe, restoran, dan warung makan.

Selain itu, melalui akun Twitter resminya, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KemenkopUKM) membagikan video tentang tata cara new normal untuk kafe. Seperti apa sih peraturan new normal untuk kafe yang perlu kamu pahami? Yuk kita simak sama-sama.

Cuci tangan saat keluar dan masuk kafe
Mencuci tangan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan memutus rantai penularan virus corona. Dalam kehidupan sehari-hari saja, mencuci tangan sudah harus dibiasakan apalagi dalam menerapkan aturan new normal untuk kafe. Kamu harus lebih rajin mencuci tangan.

Baca Juga  Multivitamin Wajib Konsumsi Bagi Wanita Usia 30an untuk Menunjang Kesehatan

Virus corona bisa menular salah satunya melalui benda metal seperti gagang pintu. Dengan rajin mencuci tangan, kamu mencegah diri kamu dan orang lain dari terkena virus ini melalui kontak dengan gagang pintu tersebut. Setelah kamu masuk ke dalam kafe, lebih baik kamu cuci tangan kembali untuk berjaga-jaga.

Peraturan new normal untuk kafe: menjaga alur masuk dan keluar
Selain dengan mencuci tangan, kamu juga harus memerhatikan bagaimana kamu membuka pintu kafe. Gunakan siku alih-alih tangan agar resiko virus menyebar melalui gagang pintu juga semakin kecil.Jika kamu lupa menerapkan aturan new normal untuk kafe ini, jangan lupa cuci tangan kembali sampai bersih.

Utamakan transaksi pembayaran non tunai

New normal membuat kita beradaptasi dengan banyak hal. Salah satunya adalah cara kita bertransaksi. Sebelum virus corona menjadi pandemi, gaya transaksi cashless memang sudah populer karena kemudahannya. Akan tetapi, belum semua orang nyaman menggunakan cara ini.

Tentunya dengan alasan mereka masing-masing. Nah, dengan adanya new normal khususnya new normal untuk kafe, mau tidak mau kita dipaksa untuk bertransaki dengan gaya baru ini.

Baca Juga  Menumbuhan Percaya Diri Bagi Pejuang Kanker Payudara Lewat Fashion

Tujuan utamanya memang untuk mencegah penularan virus melalui uang kertas. Namun, hal ini juga membuat beberapa orang menjadi lebih terbiasa dan teruka dengan pilihan-pilihan yang yang harus diambil selama diberlakukannya new normal untuk kafe.

Peraturan new normal untuk kafe: gunakan wadah makan sendiri
Membawa wadah makan sendiri dari rumah adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga kebersihan selama menerapkan new normal untuk kafe. Kamu tidak perlu khawatir akan status kebersihan alas makan yang digunakan di kafe.

Jika memungkinkan, gunakan alat makan sendiri untuk makan di tempat. Jika tidak, pastikan kafe yang kamu kunjungi menerapkan protokol kebersihan yang ketat dan gunakan tempat makan sendiri untuk membawa makan ke rumah/take away.

Jaga jarak dengan pengunjung lain
Selama masa PSBB kamu pasti sudah terbiasa dengan physical distancing. Kebiasaan ini harus kamu lanjutkan terutama saat menghadapi new normal untuk kafe.

Kamu akan bertemu dengan orang lain yang tidak kamu ketahui riwayat kesehatan maupun pola hidupnya. Oleh karena itu, untuk mencegah penularan virus di kafe, tetap jaga jarak terutama saat mengantre. Pihak kafe pun seharusnya sudah memberi tanda baik di kasir maupun di meja untuk menjaga jarak paling tidak dua meter.

Peraturan new normal untuk kafe: selalu gunakan masker

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa virus corona bisa menular melalui droplet. Meskipun sudah berhati-hati, droplet ini bisa saja keluar dari mulut atau hidung seseorang tanpa sengaja.

Baca Juga  Minim Budget? Simak 4 Strategi Promosi yang Tepat Saat Budget Terbatas

Oleh karena itu, selalu gunakan masker sebagai upaya untuk mencegah penularan melalui droplet selama menerapkan aturan new normal untuk kafe ini. Lepas hanya saat kamu akan makan dan minum saja.

Menggunakan face shield dan sarung tangan
Penerapan pola hidup yang baru tidak hanya ditujukan untuk pelanggan saja. Pegawai kafe juga harus menerapkan protokol new normal untuk kafe.

Face shield memiliki cakupan perlindungan yang lebih luas dibandingkan dengan masker. Selain itu, sarung tangan juga bisa digunakan untuk mencegah kontak langsung pegawai dengan peralatan makan sehingga kebersihan pun lebih terjaga.

Peraturan new normal untuk kafe: membersihkan meja dan kursi dengan disinfektan
Setelah selesai makan, pihak kafe harus rutin membersihkan meja dan kursi dengan cairan disinfektan. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penularan dari satu tamu ke tamu yang lain di tempat yang sama.

WhatsApp chat