Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

7 Tips Cara Mengajukan Visa Schengen

Liburan memang termasuk salah hal yang membuatmu melupakan stres dan keluar dari rutinitas yang membelenggu. Banyak destinasi liburan yang bisa dipilih khusus di luar negeri.

Benua Eropa menjadi destinasi liburan yang menarik. Pasalnya, di negara-negara di benua biru terdapat banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi seperti Menara Eiffel di Prancis, Menara Pisa di Italia, dan masih banyak lainnya.

Nah, jika kamu memang ingin liburan ke negara-negara di Eropa, dokumen sakti yang kamu butuhkan untuk liburanmu adalah Visa Schengen.

Visa Schengen sendiri merupakan visa yang dibutuhkan  untuk kunjungan singkat ke Eropa. Singkatnya, dengan hanya memiliki visa ini, kamu bisa mengunjungi 26 negara di Eropa. Wajar saja jika visa satu ini termasuk yang terpopuler di dunia.

Sehingga, bagi kamu yang sudah merencanakan liburanmu ke negara-negara di Eropa, Swastika sudah merangkum 7 tips cara yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan Visa Schengen.

Pastikan Masa Berlaku Paspor
Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek terlebih dahulu masa berlaku paspormu. Pasalnya, paspor sendiri menjadi salah satu barang wajib bagi kamu yang ingin bepergian ke luar negeri.

Baca Juga  Cara Jadi Kaya Sebelum Usia 40 Tahun, Ini 5 Tipsnya

Sehingga, alangkah baiknya kamu lihat apakah paspormu masih berlaku atau tidak. Jika memang sudah tidak berlaku atau kurang dari ketentuan, kamu diharuskan untuk mengganti paspor lagi.

Untuk mengurus Visa Schengen, masa berlaku minimal paspormu adalah 6 bulan sebelum keberangkatan. Jika paspormu masih berlaku lebih dari 6 bulan, tips lainnya adalah harus memiliki 2 halaman kosong untuk visa.

Nah, jika semua yang berkaitan dengan paspor sudah aman terkendali, kamu bisa melanjutkan cara mengajukan Visa Schengen ke tips berikutnya.

Mengisi Formulir yang Disediakan
Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan
Setelah mengisi formulir dengan data yang diminta, tips cara mengajukan Visa Schengen selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Lampirkan Dokumen Pendukung Lainnya
Selain dokumen-dokumen di atas, kamu pun harus menyiapkan beberapa dokuken lainnya yang menjadi pendukung untuk pengajuan Visa Schengenmu.

Menghadiri Wawancara yang Sudah Ditentukan
Setelah melampirkan semua dokumen atau berkas yang dibutuhkan, tips selanjutnya adalah menunggu jadwal yang ditentukan oleh pihak terkait.

Tunggu Pengumuman Soal Pengajuan Visa Schengen
Setelah melalui wawancara, tips cara pengajuan visa selanjutnya adalah menunggu hasil atau pengumuman apakah pengajuanmu diterima atau tidak.

Baca Juga  Pandemi Corona, Perlukah Disinfeksi Paket Belanja yang Dibeli Online?

Membayar Biaya yang Ditentukan
Tips terakhir ini ditujukan bagi kamu pengajuan visanya diterima oleh pihak kedutaan. Tips yang dimaksud adalah membayar untuk pembuatan Visa Schengen.

WhatsApp chat