Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

7 Masalah yang Bakal Terjadi Kalau Ban Motormu Kurang Angin. Hati-hati Aja, Mending Cek Rutin Ban motor kurang angin

Kebanyakan pengendara motor jarang mengecek tekanan angin ban kendaraannya. Ketika ban sudah kempis, barulah pergi ke tukang tambal ban untuk isi angin. Padahal, jika tekanan anginnya kurang, motor akan mengalami beberapa permasalahan. Baik yang langsung terasa ataupun nggak.

Ketahui beberapa permasalahan yang mungkin terjadi kalau kamu masih ngeyel mengendarai motor dengan tekanan angin yang kurang.

  • Tarikan motor jadi makin berat karena tekanan anginnya kurang

Karena kurang angin, ban jadi nggak akan berputar dengan sempurna. Makanya, ketika motor digas, tarikannya jadi lebih berat. Kondisi ini juga bikin motor lebih mudah oleng.

  • Secara nggak langsung, tekanan angin yang kurang juga bisa membuat bahan bakar lebih boros

Kurang angin bisa membuat seluruh ban menapak ke aspal. Akibatnya, ban jadi lebih berat berputar dan motor pun harus bekerja lebih keras, alhasil bahan bakar yang dibutuhkan pun jadi makin banyak.

  • Jangan kaget kalau ban motormu jadi lebih mudah terkikis dan botak

Ban harus bekerja lebih keras untuk menopang beban kendaraan. Padahal ban juga secara langsung bersentuhan dengan aspal. Jadi, kalau sering dipakai ketika tekanan angin kurang, ban akan lebih mudah tergerus dan cepat botak.

  • Sebelum terkikis, biasanya akan muncul benjolan dulu di ban
    Benjolan ini disebabkan karena sidewall atau lapisan karet yang menutup bagian samping ban kurang kuat menahan benturan keras. Apalagi kalau konstruksi bannya sudah mulai rusak.
  • Nggak cuma kelebihan angin, kurang angin juga bisa bikin ban gampang meletus
    Permukaan yang sering bergesekan dengan jalan bisa membuat ban makin tipis. Akibatnya, serat kawat dalam ban pun jadi berkurang dratis dan rentan putus. Nah, coba deh bayangkan kalau kamu lagi mengendarai motor terus tiba-tiba bannya meletus, pasti lebih bahaya dan berisiko, bukan?
  • Meski nggak langsung, oli rem juga jadi lebih cepat habis
    Beban berat yang disebabkan oleh ban yang kurang angin membuat kita harus lebih sering melakukan pengereman dan bikin oli rem cepat habis. Apalagi jika kamu mengendarai motor di jalanan yang basah dan licin.
  • Bukan cuma pengendara atau motornya, tekanan angin yang kurang juga berimbas pada pencemaran udara
    Kurangnya tekanan ban membuatmu harus menginjak gas lebih lama. Padahal hal ini bisa membuat knalpot mengeluarkan banyak asap. Nah, asap inilah yang kemudian membuat udara di sekitarnya jadi tercemar.
Baca Juga  Branding dan Advertising

Melihat beberapa risiko di atas, selalu cek tekanan angin sebelum mengendarai motor. Pastikan ban motormu dalam kondisi aman tekanan anginnya, ya!

WhatsApp chat