Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

7 Kudapan Manis Berkuah Khas Indonesia, Nikmat Dimakan Saat Hangat!

7 Kudapan Manis Berkuah Khas Indonesia, Nikmat Dimakan Saat Hangat

Indonesia tidak hanya kaya akan budayanya, tetapi juga kulinernya. Mulai dari yang manis sampai yang asin, maupun yang kering hingga berkuah. 

Banyak makanan khas Indonesia yang berupa kudapan namun mengenyangkan. Biasanya kudapan ini disajikan dengan kuah sebagai pelengkap. Berikut adalah 7 kudapan manis yang disajikan dengan kuah khas Indonesia.

1. Kolak

Di Indonesia, kolak memiliki berbagai macam jenis. Ada kolak pisang, kolak biji salak, kolak ubi, kolak labu dan masih banyak jenis kolak lainnya. Meskipun jenis kolak yang paling populer adalah kolak pisang.

Selain rasanya yang manis, makanan ini menjadi andalan karena tidak memerlukan banyak bahan. Cukup masukan bahan utama kolak ke dalam santan, lalu tambah gula merah dan daun pandan maka kolak yang hangat dan nikmat siap disajikan.

2. Angsle

Banyak juga yang menyebut kudapan ini dengan sebutan wedang angsle, yang artinya minuman angsle.

Angsle biasanya berisi potongan roti, sagu mutiara, kacang hijau, kacang tanah, kolang kaling, ketan sampai petulo. Ada beberapa masyarakat yang juga menambahkan jahe ke dalam kuah santan kudapan ini.

Baca Juga  Cara Ampuh Hilangkan Kecoa di Rumah(100% Hilang)

3. Sekoteng

Sekoteng memiliki isian yang kurang lebih sama dengan angsle. Terkadang sekoteng juga disajikan dalam keadaan dingin. Perbedaannya terdapat pada kuah kudapan ini. Jika angsle berkuah santan, sekoteng berkuah jahe.

Kuah sekoteng biasanya terbuat dari serai, gula jawa, pandan, dan jahe tentunya. Sekoteng banyak ditemukan di wilayah pulau Jawa.

4. Ronde

Beberapa masyarakat juga menyebut kudapan ini dengan sebutan wedang ronde. Makanan ini banyak ditemui di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Masih satu saudara dengan angsle dan sekoteng, ronde juga memiliki isian yang kurang lebih sama dengan kedua kudapan tersebut. Bedanya ronde ditambahkan dengan bulatan yang terbuat dari tepung beras. Ronde memiliki kuah seperti sekoteng.

5. Setup

Seperti kolak, setup memiliki berbagai jenis tergantung pada bahan utamanya.

Sejatinya, setup adalah buah-buahan yang dimasukkan ke dalam kuah rempah. Terkadang ada yang menambahkan bahan lain juga seperti kolang kaling. Rempah untuk bahan kuah setup biasanya antara lain jahe, cengkih, kayu manis, dan gula.

Baca Juga  Tahukah Anda Jika Ikan Hiu Itu Buta Warna?

6. Tahwa

Tahwa atau kembang tahu memang memiliki cita rasa yang unik. Teksturnya yang lembut dengan kuah rempah yang nikmat mampu menghangatkan tubuh. Kembang tahu ini terbuat dari agar agar dan susu kedelai.

Tahwa biasanya disajikan dengan taburan kacang tanah. Tahwa masih tergolong ke dalam jenis wedang-wedangan dan kuah tahwa memiliki cita rasa seperti sekoteng.

7. Serabi kuah

Jenis serabi di Indonesia sangat beragam. Setiap daerah memiliki jenis serabi yang  berbeda-beda dan khas. Hampir kebanyakan serabi tidak disajikan dengan kuah. Serabi yang berkuah contohnya seperti serabi ambarawa dan serabi kocor. Seperti kudapan Indonesia umumnya, serabi disajikan menggunakan kuah santan manis dengan gula merah dan pandan.

Ini dia 7 kudapan manis berkuah khas Indonesia yang menggugah selera. Kudapan-kudapan ini sangat cocok disajikan selagi hangat. Selain memiliki rasa yang enak, kandungan rempah di dalamnya baik untuk kesehatan.

WhatsApp chat