Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

7 Jenis Musang yang Paling Terkenal di Indonesia

Nama musang sendiri juga cukup sering didengar pada jenis hewan pamangsa yang berjenis hewan omnivora atau sering disebut hewan pemakan segala.

Hewan yang satu ini merupakan hewan yang sering keluar pada malam hari atau bisa di katakan sebagai hewan nocturnal. Di Indonesia sendiri musang sering disebut dengan julukan nama luwak. Dan yang paling terkenal dari jenis  musang sendiri adalah musang luwak.

Hewan ini sangat sering ditemui di dekat dengan permukiman warga, atau juga bisa pada daerah perkotaan. Tidak jarang musang bisa memangsa hewan peliharaan seperti ayam pada malam hari.

Akan tetapi saat ini jenis musang adalah sebagai salah satu hewan peliharaan yang paling populer di Indonesia. Musang memang memiliki berbagai manfaat bagi para pemeliharanya, baik itu dari segi material atau juga dari segi kesenangan akan hobi memelihara hewan.

Untuk para petani biasanya menjadikan luwak atau musang ini sebagai suatu bisnis yang menjanjikan untuk menghasilkan kopi luwak. Akan tetapi sangat berbeda dengan para pemelihara musang untuk hobi. Karena bagi para penghobi musang, mereka merupakan hewan peliharaan yang sangatlah menyenangkan.

Oleh karena itu tidaklah heran jika saat ini komunitas untuk pecinta musang sudah sangat banyak dan tersebar di seluruh Indonesia.

Dan bahkan jika kamu ingin bergabung dengan komunitas tersebut caranya pun tidaklah sulit, kamu hanya perlu mencari forum di halaman facebook atau bisa pada media sosial lainnya.

Nah jika kamu adalah pencinta hewan peliharaan dan ingin mencari seekor musang untuk kamu pelihara di rumah, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu jenis-jenis musang yang paling populer di Indonesia berikut ini

1. Musang Luwak

Musang yang satu ini adalah musang yang paling populer yang ada di Indonesia. Hewan ini juga merupakan hewan peliharaan yang bisa menghasilkan banyak sekali manfaat, termasuk kopi luwak.

Oleh karena itu musang jenis ini sering disebut dengan nama musang luwak. Tidak hanya menghasilkan banyak manfaat, musang ini juga paling banyak dipilih sebagai musang yang dipelihara oleh para pecinta hewan.

Baca Juga  5 Cara Membuat Iklan yang Menarik Agar Bisnis Kamu Dilirik Orang

Hewan ini juga memiliki nama lain yaitu musang pandan, hal ini disebabkan karena musang jenis ini sering mengeluarkan bau khas pandan dari bagian bawah ekornya. Tapi biasanya hanya musang jantan yang memiliki aroma bau khas pandan tersebut.

Apakah sebelumnya kamu sudah mengetahui kenapa musang pandan jantan bisa mengeluarkan bau pandan dari bawah ekornya?

Hal ini dilakukan musang jantan untuk menarik perhatian dari musang betina, dan juga sebagai pembatas untuk daerah yang telah dikuasai oleh musang jantan tersebut.

Tapi bagi kamu yang memang sudah tertarik pada musang luwak atau musang pandan ini, musang jenis ini sudah banyak di jual pada toko hewan peliharaan atau juga pada forum jual beli hewan.

Harga jual musang ini biasanya mencapai harga sebesar 300 hingga 350 ribu rupiah. Hal itu tergantung pada musang itu sendiri biasanya musang yang mempunyai ekor putih akan lebih mahal dan bisa mencapai harga sekitar 700 hingga 1 juta rupiah untuk satu ekor musang.

2. Musang Akar

Musang ini akan sering kita temui pada daerah jawa dan kalimantan. Musang ini juga termasuk yang banyak dipelihara oleh orang di Indonesia. Musang ini biasanya memiliki ciri-ciri dengan warna khas coklat dengan warna pada bagian kepala abu-abu.

Biasanya berat dari musang ini hanya sekitar 1,5 sampai 3 kg saja dan memiliki ukuran badan maksimal 60 cm. musang ini hanya bisa berkembang biak dengan melahirkan sekitar 1-2 anak saja dalam satu kelahiran.

Indra penciuman dari musang akar lebih kuat dari musang lainnya, oleh karena itu musang ini bisa membedakan mana buah yang sudah matang dan mana yang belum matang.

Dan untuk harga jual musang jenis ini berkisar antara 500 hingga 700 ribu rupiah tergantung pada daerahnya masing-masing.

3. Musang Bulan

Musang yang satu ini biasanya memiliki tubuh yang besar dari pada yang lainnya, beratnya bisa mencapai 4 – 5 kg. Dan dia biasanya memiliki ukuran panjang maksimal adalah 80 cm, itu belum termasuk dari panjang ekor yang dimiliknya yang bisa juga mencapai 60 cm.

Baca Juga  Gampang Ditiru, Ini 7 Tips Menumbuhkan Bulu Mata Secara Alami

Musang bulan/galing paguma larvata memiliki umur hidup yang cukup lama yaitu sekitar 22 tahun. Dia memiliki motif warna yang paling berbeda dibandingkan dengan jenis musang lainnya. Biasanya musang ini hanya memiliki 2 jenis variasi warna pada tubuhnya.

Biasanya warna tubuh dari musang jenis ini adalah warna cokelat bercampur orange dan juga hitam gelap. Akan tetapi yang paling populer dan paling sering dipelihara adalah musang bulan dengan warna hitam dengan memiliki warna corak putih pada bagian ekornya.

4. Musang Binturong

Musang jenis ini memang merupakan bos dari semua musang yang ada di Indonesia. Kenapa bisa disebutkan begitu?

Musang jenis ini memiliki ukuran badan yang paling besar di antara musang lainnya, dia bisa mencapai berat badan mencapai 20 kg dan memiliki ukuran panjang sampai dengan 1 meter.

Dan oleh karena itu, musang ini merupakan hewan yang paling dilindungi di satwa hewan di Indonesia. Mereka akan sangat sering ditemukan pada banyak kebun binatang yang ada di Indonesia tentunya.

Musang binturong juga memiliki nama lain yaitu Bearcat, yang artinya Bear adalah beruang dan Cat adalah kucing. Bentuk dari musang ini memang hampir menyerupai badan dari hewan beruang dan juga memiliki kumis seperti kucing.

Ciri dari musang ini adalah dia mempunyai bulu yang lebat dan juga kuku yang sangat panjang, tidak aneh kalo jenis ini merupakan musang yang sangat pintar dalam memanjat pohon.

Untuk harga musang besar ini sama seperti bentuk badannya yang juga besar ini bisa mencapai harga sampai dengan 7 juta rupiah per ekornya.

5. Musang Sulawesi

Musang Sulawesi sudah sangat jarang sekali ditemukan, biasanya mereka hanya bisa ditemukan di daerah Sulawesi Indonesia. Musang ini mempunyai bulu yang tipis dan juga pendek.

Dan warna dari musang jenis ini sendiri biasanya memiliki warna coklat muda di seluruh badannya. Walau terbilang kecil, musang jenis ini adalah musang yang memiliki panjang ekor yang bisa mencapai sampai dengan 1 meter.

Baca Juga  Self-Loathing, Rasa Benci Pada Diri Sendiri dan Cara Mengatasinya

Untuk makanannya sendiri biasanya musang ini memakan hewan mamalia yang kecil, buah, rumput dan kadang bisa memangsa hewan unggas juga.

6. Musang Rase

Musang rase, viverricula malaccensis adalah salah satu sejenis karnivora dalam suku musang. Musang ini menyebar luas di asia selatan dan tenggara. Musang rase memiliki ukuran tubuh yang sedang, panjang kepala dan tubuh 540 – 630 mm, sedangkan ekornya 430 mm. Musang rase ini memiliki ekor yang belang dengan 6 – 9 cincin hitam dan putih, dengan ujungnya yang selalu berwarna putih. Hewan ini memiliki kaki yang pendek 85 – 100 mm dari tumit hingga ujung kuku, dan memiliki berat tubuh 2 – 4 kg.

Musang ini sendiri habitatnya di Indonesia hanya berada di sumatera, jawa dan bali, belum ada informasi untuk daerah habitat musang rase di Indonesia.

7 Jenis Musang yang Paling Terkenal di Indonesia

7. Garangan Jawa

7 Jenis Musang yang Paling Terkenal di Indonesia

Garangan jawa, herpestes javanicus sama seperti musang rase yaitu karnivora kecil dalam suku musang. Penyebarannya pun sama yaitu di asia tenggara dan selatan. Garangan memiliki ukuran tubuh yang kecil hingga sedang, kepala dan tubuh 250 – 410 mm, ekornya sekitar 60 – 80% dari panjang kepala dan tubuhnya. Dengan ukuran yang paling kecil diantara jenis musang lainnya, garangan memiliki berat antara 0,5 – 1 kg.

Garangan memiliki warna tubuh cokelat kelabu hingga cokelat kemerahan di seluruh tubuhnya. Warna tubuhnya ini bervariasi dari yang paling pucat, gelap keabu-abuan hingga warna kemerahan. Penyebaran garangan sendiri di Indonesia hanya ada di pulau jawa dan sumatera, namun lebih banyak di kepulauan jawa.

Itulah 7 jenis musang yang paling terkenal yang ada di Indonesia, semoga thread ini bisa membantu kamu untuk bisa menentukan jenis musang apa yang cocok untuk kamu pelihara. Terima kasih

WhatsApp chat