Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Tips Mengendalikan Kebaikanmu Supaya Gak Dimanfaatin Orang

5 Tips Mengendalikan Kebaikanmu Supaya Gak Dimanfaatin Orang

Sebagai manusia yang punya perasaan, wajar bila kita merasa simpati orang lain dan peduli pada sesama. Namun terlalu baik pada orang lain pun ternyata tidak bagus juga, karena kebanyakan orang kalau diperlakukan terlalu baik justru akhirnya malah mencari kesempatan untuk memanfaatkan.

Maka dari itu, sangat penting bagimu untuk mengendalikan kebaikan supaya gak dimanfaatin orang, kalau tidak tahu bagaimana mengendalikannya simak baik-baik beberapa tipsnya di bawah ini ya.

1. Bantu orang lain sewajarnya saja 

Tips pertama untuk mengendalikan kebaikanmu adalah dengan menjaga kamu hanya membantu orang lain sewajarnya saja. Peduli pada orang lain itu tentu sesuatu yang mulia dan penting untuk dimiliki setiap orang, namun jangan sampai melebihi batas wajar hingga membuat orang salah sangka bahwa kamu bisa dimanfaatkan.

2. Gak perlu terlalu terlibat dalam kehidupan orang 

Kedua, kamu gak perlu terlalu melibatkan diri dalam kehidupan orang lain jika tak mau dimanfaatkan. Orang lain punya kehidupan sendiri yang tak selamanya berjalan baik, kamu pun begitu. Jadi lebih fokuslah pada hidupmu sendiri agar orang lain juga paham bahwa ada batasan dalam kebaikan orang lain.

Baca Juga  Hadir di 40 Harian Vanessa Angel, Penampilan Baru Mayang Disorot Warganet

3. Belajarlah untuk menolak permintaan yang berlebihan 

Lalu berlajarlah untuk menolak permintaan orang lain jika itu berlebihan dan di luar batas normal. Kamu gak perlu selalu menuruti kemauan orang lain hanya agar dilihat sebagai sosok yang baik hati. Apalagi jika sampai mengorbankan kepentinganmu sendiri demi orang lain.

4. Jangan mau dimanipulasi 

Tips yang keempat agar kebaikanmu tidak dimanfaatkan orang adalah cobalah untuk lebih peka dan jangan mau dimanipulasi. Dunia ini tidak sebaik yang kamu kira, kamu harus tahu bahwa ada banyak sekali orang yang melakukan berbagai cara untuk memanipulasi pikiran orang lain agar dirinya dapat bergantung alias memanfaatkanmu. Jadi hati-hati, ya!

5. Buat orang tahu kalau kamu juga punya batasan 

Dan tips yang kelima adalah dengan membuat orang tahu bahwa kamu juga punya batasan. Meskipun kamu baik pada mereka dan tak masalah untuk saling dekat, tapi bukan berarti mereka bisa sembarangan memanfaatkanmu jika ada perlunya. Sebab bersikap tegas pada orang lain itu juga diperlukan supaya kamu lebih dihargai lho.

Baca Juga  Belajar Menangani Wabah Global dari Pandemi Flu Spanyol 1918

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa terlepas dari pentingnya baik dan peduli pada orang lain, kamu juga perlu untuk menegaskan batasan supaya gak asal dimanfaatkan orang. Bukankah begitu?

WhatsApp chat