Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Tips Berpuasa untuk Penderita Maag

5 Tips Berpuasa untuk Penderita Maag

Maag, yang dikenal juga dengan sebutan Gastritis, adalah kondisi di saat lambung mengalami peradangan. Biasanya, sakit maag kambuh saat perut belum terisi makanan. Lalu, apakah penderita maag bisa berpuasa? Tentu saja bisa! Simak 5 tips ini agar puasamu di bulan Ramadhan lancar tanpa sakit maag!

1. Hindari makanan ini saat sahur dan berbuka

Siapa yang masih suka mengonsumsi makanan berlemak, gorengan, serta makanan asam dan pedas? Nah, bagi penderita maag, jenis-jenis makanan tersebut harus dihindari karena dapat memperparah iritas yang terjadi di lambung. Selain itu, konsumsi kafein saat sahur juga bisa dihindari karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

2. Jangan langsung tidur setelah sahur!

Kebiasaan ini harus dikurangi, nih! Langsung tidur setelah sahur dapat memicu aliran balik asam lambung alias refluks. Jika kamu pernah merasakan sensasi panas atau ‘terbakar’ di bagian dada, bisa jadi ini penyebabnya!

3. Kurangi kebiasaan langsung makan berat saat berbuka

Menahan lapar dan haus seharian membuat kita langsung ingin makan berat setelah waktu berbuka puasa tiba. Apalagi, ketika lapar mata melanda dan langsung membeli berbagai jenis makanan untuk berbuka. Nah, langsung memakan makanan dalam jumlah besar saat berbuka dapat memicu peningkatan asam lambung.

Baca Juga  KEGIATAN SERU SAAT MUSIM KEMARAU TIBA, WAJIB DICOBA YA..

4. Sebenarnya puasa bisa meredakan sakit maag, lho!

Salah satu kebiasaan buruk penderita maag adalah sering menunda atau telat makan. Akibatnya, pola makan menjadi berantakan. Dengan berpuasa, pola makan bisa menjadi teratur, yaitu sahur, makan malam, dan berbuka. Hal ini lama kelamaan dapat memperbaiki kondisi maag.

5. Pastikan posisi bantal lebih tinggi saat tidur

Posisi kepala yang sejajar dengan badan membuat asam lambung lebih mudah naik alias refluks. Jika kita memposisikan kepala lebih tinggi dengan menggunakan bantal, aliran balik asam lambung dapat dicegah.

Nah, sekarang tidak perlu khawatir sakit maag kambuh saat puasa, kan? Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya!

WhatsApp chat