Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Negara Paling Cerdas di Dunia Berdasarkan Intelligence Quotient (IQ)

Dear Ayah Bunda, Ini Tips Agar Belajar Anak di Rumah Menyenangkan

Kecerdasan bisa berdampak langsung pada kemajuan negara. Semakin banyak orang yang memiliki IQ tinggi, semakin maju dan cepat negara tersebut berkembang. Nah, ada beberapa negara di dunia yang mendapatkan predikat “negara terpintar” berdasarkan IQ-nya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini.

  1. Jepang

Jepang adalah negara paling cerdas di dunia dengan IQ rata-rata 106,48. Keberhasilan sistem pendidikan Jepang didasarkan pada pengembangan karakter pada usia dini, kesempatan belajar berbasis kebutuhan, disiplin dan kemandirian yang tinggi. Bahkan Jepang memenangkan Hadiah Nobel sebanyak 26 kali.

2.Taiwan

Taiwan adalah negara paling cerdas kedua di dunia dengan IQ rata-rata 106,47. Sistem pendidikan Taiwan dikenal memiliki wajib belajar 9 tahun, dan Anda dapat belajar selama 20 tahun untuk masuk ke program doktor.

  1. Singapura

Singapura adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam 5 negara paling cerdas di dunia. Singapura saat ini berada di posisi ketiga dengan IQ 105,89. Singapura dengan demikian berfokus pada peningkatan sistem pendidikan negaranya dengan akses pendidikan yang setara. Kurikulum di Singapura juga dikenal sangat bagus. Di Singapura, sistem pendidikan terdiri dari enam tahun sekolah dasar, diikuti 4-6 tahun sekolah menengah dan 1-3 tahun sekolah menengah atas. Sistem pendidikan Singapura sangat sentralistik, bahkan Kementerian Pendidikan mengawasi lembaga pendidikan dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, seperti dikutip ican-education.com.

  1. Hongkong
Baca Juga  Tahukah Anda, UNESCO Menobatkan 3 Situs di Indonesia Sebagai Cagar Biosfer Dunia

Masih di benua Asia, kali ini Hong Kong berada di urutan keempat sebagai negara paling cerdas di dunia dengan IQ 105,37. Sistem pendidikan di Hong Kong juga dinilai kompetitif dan elegan karena membangkitkan antusiasme siswa yang tinggi untuk belajar.

Hong Kong juga mengadaptasi sistem pendidikan bahasa Inggris, yang mengutamakan keterampilan akademis dan penerapan pengetahuan akademis tersebut ke dalam praktik kerja nyata.

  1. Cina

Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, China juga menduduki peringkat kelima sebagai negara paling cerdas di dunia dengan IQ 104,1. China dikenal memiliki sistem pendidikan terbesar di dunia, terbukti dengan besarnya animo masyarakat terhadap pendidikan hingga ke jenjang universitas. Selain siswa, guru di China juga dilatih sebelum mereka meneruskan pelajaran tersebut kepada siswanya.

WhatsApp chat