Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Manfaat Micin untuk Tanaman Kamu

Merujuk laman Whyfarmit, micin dapat dimanfaatkan menjadi pupuk yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Kandungan nitrogen dan mineral yang tinggi pada micin ternyata dapat menutrisi dan membantu perkembangan tanaman.

=> Dapat meningkatkan kadar air pada tanaman

Senyawa natrium yang terdapat di dalam micin mampu meningkatkan kandungan air di dalam tanaman. Dengan demikian, tanaman tetap terhidrasi dan mencegah dari kekurangan air.

Meski baik untuk tanaman, kita juga perlu memperhatikan pemakaian micin sebagai pupuk. Dampak buruknya jika terlalu banyak mengaplikasikan pada tanaman dapat merusak bagian tepi daun dan menyebabkan daun terbakar.

=> Meningkatkan kualitas tanah

Belerang yang terkandung di dalam micin berfungsi sebagai desinfektan tanah dan membersihkannya dari bakteri penyebab penyakit pada tanaman.

Bahan organik yang terdapat pada micin juga mampu meningkatkan kualitas tanah dan mencukupkan retensi air sehingga tanah kaya akan nutrisi yang berdampak baik pada kesehatan tanaman.

=> Tanaman tahan dari hama dan penyakit

Kalium yang terdapat pada micin dapat menjaga ketahanan tanaman dari hama maupun penyakit yang menyerang. Tak hanya itu, kalium dalam kandungan micin dapat mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.

Baca Juga  Sembilan Nasehat Bob Sadino Biar Sukses Dalam Berbisnis

Itulah mengapa micin dapat menghindarkan tanaman dari hama dan penyakit.

=> Tanaman cepat berbunga

Tanaman yang dirawat menggunakan micin dapat menghasilkan bunga yang lebih sehat karena kandungan potasium yang ada di dalamnya. Karenanya, micin dapat memacu perkembangan akar, membuat tanaman cepat berbunga sekaligus meningkatkan kesehatan tanaman secara keseluruhan.

=> Menyehatkan tanaman

Jika tanaman kamu terlihat kurang sehat dan cepat layu, maka coba taburkan micin secukupnya pada tanaman yang sedang kamu rawat. Pasalnya, MSG dapat meningkatkan kesehatan tanaman dan produksi buah serta bunga, seperti pada pohon kelapa, sukulen dan beberapa jenis kaktus.

Tak hanya itu, sebagian besar sayuran juga dapat diaplikasikan menggunakan micin dalam perawatannya.

Itulah manfaat micin pada tanaman yang jarang diketahui orang.

WhatsApp chat